SOAL DAN JAWABAN TES FORMATIF MODUL PEDAGOGI 1 KB 3 TEORI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PPG 2021 TERBARU - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

SOAL DAN JAWABAN TES FORMATIF MODUL PEDAGOGI 1 KB 3 TEORI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PPG 2021 TERBARU

 

sdnsobang1.com - Soal Dan Jawaban Tes Formatif Modul Pedagogi 1 KB 3 Teori Belajar dan Implikasinya Dalam Pembelajaran PPG 2021 Terbaru. Sebelumnya admin telah memposting SOAL DAN JAWABAN TES FORMATIF MODUL PEDAGOGI 1 KB 2 PPG 2021 TERBARU. Kali ini admin melanjutkan ke Modul Pedagogi 1 Kegiatan Belajar (KB) 3 yaitu Teori belajar dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.

 

SOAL DAN JAWABAN TES FORMATIF MODUL PEDAGOGI 1 KB 3 TEORI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PPG 2021 TERBARU



Agar anda  dapat  menguasai  materi  modul  1  Kegiatan Belajar 3 dengan baik dan mencapai capaian pembelajaran yang telah dirumuskan, maka Anda perlu ikuti petunjuk belajar berikut ini:

a.    Pahami  dengan  baik  kompetensi  yang  harus  Anda  kuasai,  dan  pelajari Kegiatan Belajar 3 dengan sepenuh hati dan tanggungjawab.

b.    Bacalah  materi  kegiatan  Belajar  3  dengan  cermat  dan  seksama,  serta tambahkan catatan-catatan seperlunya untuk membantu ingatan Anda.

c.    Cermati  dan  kerjakan  tugas  yang  diberikan  dengan  sungguh-sungguh. Jangan lupa, gunakan pengetahuan dan pengalaman yang telah Anda miliki sebelumnya. 

d.    Kerjakan  tes  formatif  yang  diberikan  dan  gunakan  rambu-rambu  jawaban untuk mengetahui ketuntasan belajar Anda.

e.    Jangan lupa membuat catatan khusus  yang Anda  pandang penting selama mempelajari isi modul. 

 

 

1.  Capaian Pembelajaran 

Saudara mahasiswa, setelah mempelajari keseluruhan materi pada Kegiatan Belajar 3 Modul 1 ini, Anda  diharapkan  dapat    menerapkan  teori  belajar  dalam pembelajaran  untuk  mendukung  tugas  keprofesian  dalam  merancang  dan melaksanakan  pembelajaran  yang  mendidik  agar  membangun  sikap  (karakter Indonesia), pengetahuan dan keterampilan peserta didik.

 

 

2.  Sub Capaian Pembelajaran

Setelah mempelajari materi dalam kegiatan belajar 3 modul 1 ini, Saudara mahasiswa dapat:

a.    Menjelaskan teori belajar behavioristik

b.    Menerapkan implikasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran

c.    Menjelaskan teori belajar kognitif

d.    Menerapkan implikasi teori belajar kognitif dalam pembelajaran

e.    Menjelaskan teori belajar konstruktivistik

f.     Menerapkan implikasi teori belajar konstruktivistik dalam pembelajaran

g.    Menjelaskan teori belajar humanistik

h.    Menerapkan implikasi teori belajar humanistik dalam pembelajaran

 

 

3.  Pokok-pokok materi

Adapun pokok-pokok materi yang akan disajikan untuk mendukung capaian pembelajaran di atas adalah sebagai berikut:

a.    Teori belajar Behavioristik dan implikasinya dalam pembelajaran

b.    Teori belajar Kognitif dan implikasinya dalam pembelajaran

c.    Teori belajar Konstruktivistik dan implikasinya dalam pembelajaran

d.    Teori belajar Humanistik dan implikasinya dalam pembelajaran

 

 

RANGKUMAN

 

a.   Teori  belajar  behavioristik  menyatakan  bahwa  belajar  adalah  perubahan tingkah  laku.  Seseorang  dianggap  belajar  jika  ia  telah  mampu menunjukkan  perubahan  tingkah  laku.  Pentingnya  masukan  atau  input yang  berupa  stimulus  dan  keluaran  atau  output  yang  berupa  respons. Stimulus adalah sesuatu apa saja yang diberikan oleh guru kepada peserta didik,  dan  respon  berupa  rekasi  atau  tanggapan  yang  dihasilkan  oleh peserta  didik  terhadap  stimulus  yang  diberikan  oleh  guru.  Penguatan (reinforcement) adalah faktor penting dalam belajar. Penguatan adalah apa saja  yang  dapar  memperkuat  timbulnya  respons.  Bila  penguatan ditambahkan  (positive  reinforcement)  maka  respons  akan  semakin  kuat. Demikian  juga  jika  penguatan  dikurangi  (negative  reinforcement)  maka respons juga akan menguat.  Aplikasi teori ini dalam pembelajaran, bahwa kegiatan belajar ditekankan sebagai  aktifitas  “mimetic”  yang  menuntut  peserta  didik  untuk mengungkapkan  kembali  pengetahuan  yang  sudah  dipelajari.  Penyajian materi  pelajaran  mengikuti  urutan  dari  bagian-bagian  ke  keseluruhan. Pembelajaran dan evaluasi menekankan pada hasil, dan evaluasi menuntut satu  jawaban  benar.  Jawaban yang  benar  menunjukkan  bahwa  peserta didik telah menyelesaikan tugas belajarnya.

 


b.    Teori Belajar kognitif Pengertian  belajar  menurut  teori  belajar  kognitif  adalah  perubahan persepsi dan pemahaman, yang tidak selalu berbentuk tingkah laku yang dapat diamati dan dapat diukur. Asumsi teori ini adalah bahwa setiap orang memiliki  pengetahuan  dan  pengalaman  yang  telah  tertata  dalam  bentuk struktur  kognitif  yang  dimilikinya.  Proses  belajar  akan  berjalan  dengan baik jika materi pelajaran atau informasi baru beradaptasi dengan struktur kognitif  yang  telah  dimiliki  seseorang.  Menurut  teori  kognitif,  ilmu pengetahuan dibangun dalam diri seseorang melalui proses interaksi yang berkesinambungan  dengan  lingkungan.  Proses  ini  tidak  terpatah-pata, terpisah-pisah, tapi melalui proses yang mengalir, bersambung-sambung, dan menyeluruh. Selama  kegiatan  pembelajaran  berlangsung,  keterlibatan  peserta  didik secara aktif amat dipentingkan. Untuk menarik minat dan meningkatkan retensi  belajar  perlu  mengkaitkan  pengetahuan  baru  dengan  setruktur kognitif yang telah dimiliki peserta didik. Materi pelajaran disusun dengan menggunakan  pola  atau  logika  tertentu,  dari  sederhana  ke  kompleks. Perbedaan  individual  pada  diri  peserta  didik  perlu  diperhatikan,  karena faktor ini sangat mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik.

 


c.  Teori Belajar Konstruktivistik Pandangan  konstruktivistik  yang  mengemukakan  bahwa  belajar merupakan  usaha  pemberian  makna  oleh  peserta  didik  kepada pengalamannya  melalui  asimilasi  dan  akomodasi  yang  menuju  pada pembentukan  struktur  kognitifnya,  memungkinkan  mengarah  kepada tujuan  tersebut.  Oleh  karena  itu  pembelajaran  diusahakan  agar  dapat memberikan  kondisi  terjadinya  proses  pembentukan  tersebut  secara optimal pada diri peserta didik. Peserta didik diberikan kesempatan untuk mengembangkan ide-idenya secara luas. Sementara peranan guru dalam belajar konstruktivistik adalah membantu agar  proses  pengkonstruksian  pengetahuan  oleh  peserta  didik  berjalan lancar.  Guru  tidak  mentransfer  pengetahuan  yang  telah  dimilikinya, melainkan  membantu  peserta  didik  untuk  membentuk  pengetahuannya sendiri dan dituntut untuk lebih memahami jalan pikiran atau cara pandang peserta didik dalam belajar.

 

d. Teori Belajar Humanistik Menurut  teori  humanistik  tujuan  belajar  adalah  untuk  memanusiakan manusia.  Proses  belajar  dianggap  berhasil  jika  siswa  telah  memahmai lingkungan  dan  dirinya  sendiri.  Teori  humanistik  bersifat  eleksitk, maksudnya  toeri  ini  dapat  memanfaatkan  teori  apa  saja  asal  tujuannya tercapai. Aplikasi  teori  humanistik  dalam  kegiatan  pembelajaran  cenderung mendorong  siswa  untuk  berpikir  induktif.  Teori  ini  juga  amat mementingkan  faktor  pengalaman  dan  keterlibatan  siswa  secara  aktif dalam belajar. Semua komponen pendidikan termasuk tujuan pendidikan diarahkan  pada  terbentuknya  manusia  yang  ideal,  manusia  yang  dicita- citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Untuk itu, sangat  perlu  diperhatikan  bagaimana  perkembangan  peserta  didik  dalam mengaktualisasikan  dirinya,  pemahaman  terhadap  dirinya,  serta  realisasi diri.

 

 

 

SOAL DAN JAWABAN TES FORMATIF MODUL PEDAGOGI 1 KB 4 TEORI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PPG 2021

 

TES FORMATIF

 

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dari pertanyaan berikut :

 

1) Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar....

Pilih salah satu:

a. Konstruktivistik

b. Humanistic

c. Behavioristik

d. Kognitivistik

e. Sibernetik

 

 

2) Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah.....

Pilih salah satu:

a. Mampu memecahkan masalah

b. Mampu memahami sebuah kejadian

c. Mampu mengalami sebuah kejadian

d. Mampu memahami permasalahan

e. Mampu membuat peraturan

 

 

3) Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ....

Pilih salah satu:

a. Kognitivistik

b. Konstruktivistik

c. Humanistik

d. Behavioristik

e. Sibernetik

 

 

4) Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......

Pilih salah satu:

a. Ikonik

b. Konflik

c. Enaktif

d. Simbolik

e. Intuitif

 

 

5) Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah....

Pilih salah satu:

a. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru 

b. Memberikan penjelasan pengetahuan baru

c. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut

d. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

e. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya

 

 

6) Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....

Pilih salah satu:

a. Stimulus respon

b. Konseptualisasi

c. Shaping

d. Conditioning

e. Trial and error

 

 

7) Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ....

Pilih salah satu:

a. Behavioristik

b. Humanistik

c. Kognitivistik

d. Konstruktivistik

e. Sibernetik

 

 

8) Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ....

Pilih salah satu:

a. Belajar praktis

b. Belajar konsep

c. Belajar teknis

d. Belajar emansipatoris

e. Belajar aktif

 

 

9) Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar....

Pilih salah satu:

a. Humanistik

b. Konstruktivistik

c. Rekonstruktivistik

d. Kognitivistik

e. Behavioristik

 

 

10) Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....

Pilih salah satu:

a. Kemampuan mengemukakan pendapat

b. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

c. Kemampuan untuk memecahkan masalah

d. Kemampuan berkomunikasi

e. Kemampuan berinteraksi

 

 

Demikian tentang Soal Dan Jawaban Tes Formatif Modul Pedagogi 1 KB 3 Teori Belajar dan Implikasinya Dalam Pembelajaran PPG 2021 Terbaru. Selamat mengerjakan, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung…


Posting Komentar untuk "SOAL DAN JAWABAN TES FORMATIF MODUL PEDAGOGI 1 KB 3 TEORI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PPG 2021 TERBARU"