Cara Scan Dokumen di Aplikasi Hp untuk Syarat Daftar CPNS 2021 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Scan Dokumen di Aplikasi Hp untuk Syarat Daftar CPNS 2021

 

Sahabat sdnsobang1.com – Cara Scan Dokumen di Aplikasi Hp untuk Syarat Daftar CPNS 2021. Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan segera di buka oleh pemerintah melalui platform online Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara sscasn.bkn.go.id.

 


Dengan demikian, maka semua dokumen yang dibutuhkan harus diunggah secara online pula untuk memudahkan proses pendaftaran dan proses seleksi.

 

Berikut adalah sejumlah dokumen persyaratan yang harus dilengkapi oleh peserta seleksi CPNS 2021 dalam bentuk digital:

- Scan Pas Foto berlatar belakang merah maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg.

- Scan Swafoto maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg.

- Scan KTP maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg.

- Scan Surat Lamaran maksimal 300 Kb bertipe file pdf.

- Scan Ijazah + Serdik/STR maksimal 800 Kb bertipe file pdf.

- Scan Transkrip Nilai maksimal 500 Kb bertipe file pdf.

- Scan Dokumen Pendukung lainnya maksimal 800 Kb bertipe file pdf.

 

Semua dokumen di atas harus diunggah ke laman yang sudah ditentukan dengan format dan ukuran yang sesuai. 

Jika ukuran serta format tidak sesuai maka dokumen tidak bisa diunggah pada laman yang sudah ditentukan.

 

Jika sahabat akan menggunakan printer manual sebagai scan documen, maka berhati-hati dalah hal menentukan resolusi hasil/output scan dokumen. Untuk hasil scan document agar bisa diupload pada laman sscasn.bkn.go.id, gunakan resolusi maximal 150 dpi dampai 100 dpi, agar hasil scan tidak terlalu besar dan gagal diupload.

 

Caranya kita rubah setting resolusi bawaan scanner prinet yang tadinya 300 dpi, menjadi 150 -100 dpi. Disini admin contohkan menggunakan prinet Cannon. Seperti gambar dibawah ini.  

- Pertama klik spesipikasi

- Klik scanning resolusi

- Rubah ukuran bawaan (300 dpi) ke 150 – 100 dpi

- Kemudian klik OK

- Beres dan lanjut untuk scanning.

 


 

Aplikasi yang bisa digunakan untuk scan dokumen

Untuk melakukan scanning atau pemindaian dokumen yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran seleksi CPNS tersebut, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan oleh calon pendaftar. Umumnya smart phone sudah memiliki aplikasi scan bawaan.

 

Aplikasi scan atau pemindaian yang baik memungkinkan untuk mengarsipkan file secara digital dengan perangkat seluler seperti android atau iOS.

 

Jika perangkat seluler Anda tidak memiliki bawaan aplikasi scan, maka Anda bisa mengunduhnya dengan mudah di AppStore atau Google Play Store. 

Merujuk pada laman android authority, berikut ini 3 aplikasi scan terbaik untuk memindai dokumen:

 

Adobe Scan

Aplikasi ini bisa diunduh gratis dan digunakan baik pada ponsel android ataupun iOS Anda. Keunggulan aplikasi ini adalah ia dapat memindai dokumen lalu menyimpannya sebagai file digital atau dalam format dokumen PDF.

 

Adobe Scan adalah aplikasi scanner dari Adobe, spesialis pembuat file PDF, sehingga terbukti mumpuni dalam memenuhi kebutuhan pengguna. 

Anda bahkan bisa menjalankannya dengan kamera lalu diubah menjadi bentuk file PDF. Ada opsi pratinjau dan dapat pula diedit warna serta crop sesuai kebutuhan.

 

CamScanner

CamScanner merupakan salah satu aplikasi pemindai yang populer karena gratis atau berbayar untuk membuka fitur profesionalnya.

 

Aplikasi ini juga mampu mengekspor hasil pindai ke PDF atau JPEG. Selain itu, Anda juga bisa mencetak (print) melalui cloud atau dokumen faks.

 

Clear Scanner

Clear Scanner bisa diunduh gratis atau berbayar pada fitur profesional tertentu. Aplikasi ini adalah opsi ringan untuk aplikasi pemindai dokumen.

 

Aplikasi ini menawarkan kecepatan pemrosesan lumayan baik, dan dukungan cloud untuk Google Drive, OneDrive, dan Dropbox. Ada pula fitur konversi PDF dan JPEG dan fitur lain untuk pengeditan dan lainnya.

 

Cara scan dokumen persyaratan CPNS 2021 format PDF menggunakan CamScanner

Secara umum cara menggunakan aplikasi scan hasil unduhan adalah sama, seperti juga bila Anda memakai aplikasi scan bawaan dari ponsel milik Anda.

 

Namun untuk lebih jelasnya, berikut ini langkah-langkah melakukan pemindaian dengan CamScanner:

1. Download aplikasi CamScanner di Play Store, lalu buka.

2. Akan muncul jendela yang meminta izin untuk mengakses file di ponsel Anda, ketuk ‘Allow’.

3. CamScanner memberikan opsi Register dan Skip. Pilih skip bila tak ingin mendaftar.

4. Dokumen yang dibutuhkan atau hendak di-scan letakkan di bidang datar seperti meja atau lantai. Lalu pilih ikon kamera di bagian kanan bawah aplikasi.

5. Arahkan kamera ke dokumen Anda, lalu sorot utuh dan sesuaikan dengan ukuran yang dibutuhkan. Lihat apakah dokumen sudah tampil penuh di layar aplikasi.

6. Ketuk ikon kamera untuk mulai proses scan.

7. Ketuk Next.

8. Ketuk Save.

9. Ketuk ikon Share di pojok kanan atas untuk menyimpan.

10. Ketuk ikon PDF untuk melanjutkan, lalu tap tombol Share untuk menyimpannya di ponsel.

 

Kekurangan memakai aplikasi CamScanner adalah akan terlihat watermark di pojok atas hasil scan yang dapat dihilangkan hanya dengan membeli fitur di aplikasi tersebut.


Demikian artikel kali ini terkait Cara Scan Dokumen di Aplikasi Hp untuk Syarat Daftar CPNS 2021. Selamat mencoba semoga berhasil. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "Cara Scan Dokumen di Aplikasi Hp untuk Syarat Daftar CPNS 2021"