Format PK-7a Daftar Penyerahan Ijazah - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Format PK-7a Daftar Penyerahan Ijazah

 

Sahabat sdnsobang1.com – Tidak terasa Tahun Pelajaran 2020-2021 telah berakhir. Setiap akhir tahun pelajaran, kelas 6 dan guru kelas 6 biasanya membuat administrasi daftar penyerahan ijazah atau PK-7a. Format PK-7a atau Daftar Penyerahan Ijazah merupakan dokumen atau administrasi yang penting. Bagaimana tidak dokumen ini merupakan bukti penyerahan Ijazah kepada siswa yang telah dinyatakan lulus dari sekolah.  Bukti tertulis ini selain dijadikan sebagai laporan ke Dinas Pendidikan, Format PK-7a merupakan bentuk ketelitian dan kewaspadaan pihak sekolah/wali murid kelas 6 untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan. Sebagai contoh pengaduan dari wali murid yang anaknya/siswa merasa belum menerima Ijazah.

 

Format PK-7a Daftar Penyerahan IJazah

Kepemilikan Ijazah atau dokumen yang yang diterbitkan resmi  oleh dinas pendidikan merupakan bukti yang otentik bahwa siswa tersebut merupakan siswa yang terdaftar di sekolah tersebut dan telah selesai dari jenjang sekolah dasar (SD) , sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA).

 

Memperoleh Ijazah merupakan dambaan bagi semua siswa,  Ijazah merupakan syarat utama untuk siswa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

 

Ijazah diterbitkan oleh dinas pendidikan melalui satuan pendidikan, setelah menerima blanko ijazah, Blanko ijazah yang sudah didsitribusikan ke sekolah-sekolah kemudian pengisiannya dilakukan secara manual menggunakan tulisan tangan. Ijazah tersebut kemudian di tetapkan oleh kepala satuan pendidikan.

 

Beberapa bagian yang harus diisi atau dilengkapi pada saat pengisian blanko ijazah sebelum dibagikan dan diserahkan kepada siswa adalah :

  • Identitas lengkap peserta didik
  • Identitas satuan pendidikan yang bersangkutan
  • Pernyataan bahwa peserta didik tersebut telah memenuhi seluruh kriteria dan dinyatakan lulus dari satuan pendidikan tersebut
  • Daftar nilai mata pelajaran yang ditempuhnya

 

Blanko ijazah yang sudah selesai diisi, alangkah baiknya segera diserahkan kepada siswa. Sehingga Ijazah tersebut bisa segera digunakan untuk melengkapi berkas pendaftaran sekolah ke jenjang selanjutnya.

 

Sekolah wajib menyiapkan dokumen serah terima ijazah dari pihak sekolah ke siswa berupa Format PK-7a Daftar Penyerahan Ijazah.

 

Untuk mempermudah sahabat untuk mempersiapkan dokumen tersebut, silahkan unduh format PK-7a Daftar Penyerahan Ijazah tersebut melalui link di bawah ini. File ini dibuat dalam format Microsoft Word, agar mudahdi edit sesuai kebutuhan di sekolahnya masing-masing.

 

Catatan: Dokumen penyerahan Ijazah ini sangat penting karena sebagai bukti bahwa sekolah telah menyerahkan semua Ijazah ke siswanya. Sehingga apabila dikemudian hari ada yang menyatakan belum menerima, sekolah bisa menunjukkan bukti serah terima ijazah dengan menunjukkan Format PK-7a Daftar Penyerahan Ijazah.

 

Demikian postingan kali ini terkait Format PK-7a atau Daftar Penyerahan IJazah ini bisa bermanfaat, lebih lagi membantu mempermudah teman-teman. Terima kasih telah berkunjung.


Posting Komentar untuk "Format PK-7a Daftar Penyerahan Ijazah"