Cara Setting Chromebook Untuk (ANBK) Asesmen Nasional Berbasis Komputer - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Setting Chromebook Untuk (ANBK) Asesmen Nasional Berbasis Komputer

 

Sahabat sdnsobang1.com – Sebelumnya admin telah berbagi artikel terkait Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SD SMP SMA/SMK Tahun 2021. Kali ini admin update artikel terkait Cara Setting Chromebook Untuk Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SD Tahun 2021.

 

Cara Setting Chromebook Untuk Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)

Nama Chromebook sebenarnya sudah tidak asing lagi di dunia gadget. Pasalnya, produk tersebut sudah hadir sejak tahun 2011. Nama laptop tersebut belakangan ini kembali banyak terdengar setelah pemerintah memutuskan untuk membagikan Chromebook ke sekolah-sekolah di Indonesia.


Baca Juga: Solusi Chromebook Tidak Bisa Buka Aplikasi Exam Browser

 

Chromebook adalah jenis komputer baru yang dirancang untuk membantu Anda menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat dan lebih mudah. Chromebook menjalankan Chrome OS, sistem operasi dengan penyimpanan cloud, memiliki fitur terbaik dari Google di dalamnya, serta keamanan berlapis. (https://support.google.com/).

 

Chromebook adalah laptop atau komputer jinjing yang menjalankan sistem operasi ChromeOS bikinan Google. Jadi, jangan heran apabila bentuk dari Chromebook tidak berbeda dari laptop yang ada di pasaran. Bedanya, laptop lain menjalankan sistem operasi lain, seperti Windows, Linux, dan MacOS X.

 

ChromeOS sendiri adalah OS berbasis browser web yang mampu menjalankan berbagai aplikasi bikinan Google sendiri, seperti Google Drive, Gmail, Google Meet, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjalankan aplikasi Android yang kompatibel di Chromebook.

 

Chromebook didesain khusus untuk dapat beroperasi dengan ketergantungan pada koneksi internet. Dalam hal ini, ada kemungkinan bahwa beberapa fitur aplikasi tidak akan berfungsi jika kamu tidak terhubung dengan koneksi internet. Meski begitu, ada lebih dari 200 aplikasi Chrome yang bisa kamu gunakan secara offline seperti Gmail, Pocket, dan Google Drive.

 

Lalu bagaimana Cara Setting Menghubungkan Chromebook dengan Internet Untuk Kegiatan Asesmen Nasional (AN)?


Sebelum Chromebook dapat digunakan untuk Asesmen, Chromebook harus terkoneksi dengan internet sebelum membuka Exam Browser.

 

Berikut ini cara setting menghubungkan chromebook dengan internet untuk kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK):

1. Klik icon Wifi di kanan bawah;

2. Pilih Wifi yang terkoneksi dengan internet. Isi password dengan benar jika Wifi membutuhkan password;

 

Setelah jaringan Internet/wifi telah terhubung dengan chromebook, kemudian sahabat buka aplikasi exam browser, Ada dua cara untuk membuka Exam Browser:

1.    Otomatis terbuka. Aplikasi Exam Browser dapat otomatis terbuka jika G Suite Admin telah mengeset “Auto-launch” pada device Chromebook yang digunakan.

2.    Pilih aplikasi Exam Browser dari halaman login Chrome OS.

3.    Setelah aplikasi Exam Browser dibuka, halaman loading akan dimunculkan. Biarkan sampai tampilan login terbuka.

 

Halaman login UBK akan muncul setelah halaman loading. Di halaman ini, Anda sudah siap untuk melaksanakan Asesmen.


 

Untuk lebih jelasnya, silahkan sahabat unduh/download Panduan Cara Setting Menggunakan Chromebook Untuk Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) file pdf, melalui tautan link dibawah ini:

 

Demikian artikel kali ini terkait Cara Setting Menggunakan Chromebook Untuk Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Semoga ada manfaatnya dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "Cara Setting Chromebook Untuk (ANBK) Asesmen Nasional Berbasis Komputer"