Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG 2022 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG 2022

 

Sahabat sdnsobang1.com – Berikut Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG 2022. Merujuk pada Surat Edaran KemdikbudRistek Nomor: 0063/B2/GT.03.15/2022 Tanggal 13 Januari 2022. Perihal Pemutakhiran Data Calon  Peserta  Pendidikan  Profesi  Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022.

 

Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG 2022


BACA JUGA: SE KemdikbudRistek Terkait Pemutakhiran Data Peserta PPG


Pertama data yang harus kita mutakhirkan, perbaiki, lengkapi dan koreksi jika ada adalah Nomor Induk Kepensusukan (NIK) dan tanggal lahir pada laman verval PTK: (https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id);

 

Berikut Cara melihat data yang sudah dana atau belum benar terkait pemutakhiran Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal lahir.

 

Masuk ke laman Verval PTK (https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id), laman tersebut hanya bisa diakses oleh Operator sekolah (OPS) dengan menggunakan user dan password dapodik sekolah.


Pilih/klik pada menu Daftar PTK, PTK aktif, seperti gambar dibawah ini:

 

Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG 2022



Jika data PTK sudah menunjukkan (centang/ceklis) hijau, maka data PTK tersebut sudah VALID.

 

Kedua, lengkapi riwayat pendidikan formal GTK pada aplikasi dapodik sekolah mulai dari jenjang pendidikan yang paling rendah seperti, SD, SMP, SMA/SMK, D.II dan S.1.

 

Untuk melengkapi data pendidikan formal GTK pada aplikasi dapodik sekolah, maka operator sekolah/GTK harus login menggunakan user dan password GTK masing-masing. hal tersebut bisa dilakukan oleh dan wewenang GTK itu sendiri, data GTK adalah tanggungjawab GTK itu sendiri (mintalah user dan password) dapodik milik GTK masing-masing untuk melihat apakah data kita sudah benar atau belum.

 

Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG 2022

Caranya, klik pada menu GTK, Guru, klik nama guru, klik menu UBAH, klik menu Data rinci GTK, pilih menu Riwayat Pendidikan Formal, dan tambahkan jika riwayat pendidikan formalnya masih kosong. Seperti gambar dibawah ini:

 

Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG 2022

Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG 2022


Ketiga, menambahkan riwayat Karir Guru, jika GTK tersebut pernah mempunyai riwayat mengajar di sekolah berbeda dan berpindah-pindah, maka data tersebut diinputkan pada aplikasi dapodik GTK.

 

Caranya, pada menu Data Rinci GTK, pilih Menu Riwayat Karir Guru, tambahkan jika perlu menambahkan (pernah mengajar di beberapa instansi), kemudian pilih formnya dibawah ini:

Jenjang Pendidikan,

Jenis Lembaga,

Status Kepegawaian,

Jenis PTK,

Lembaga Pengangkat,

No SK kerja, Dan Lain-lain.

 

Contoh seperti gambar dibawah ini:

 

Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG 2022

Pemutakhiran data pengambilan data oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) paling lambat tanggal 30 Januari 2022. Untuk lebih jelasnya terkait informasi terkait tata cara pemutakhiran data, kunjungi laman https://dapo.kemdikbud.go.id.

 

Demikian artikel kali ini terkait Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG 2022. Merujuk pada Surat Edaran KemdikbudRistek Nomor: 0063/B2/GT.03.15/2022 Tanggal 13 Januari 2022. Perihal Pemutakhiran Data Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya dan dan terima kasih sudah berkunjung.

   

Posting Komentar untuk "Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG 2022"