Buku Panduan ARKAS 4.0 Versi 2.0 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Buku Panduan ARKAS 4.0 Versi 2.0

 

Sahabat sdnsobang1.com – Buku Panduan ARKAS 4.0 Versi 2.0. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menerbitkan Buku Panduan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) 4.0 Versi 2.0.

 


Buku Panduan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah 4.0 Versi 2.0 ini merupakan buku petunjuk mengenai langkah-langkah dalam menggunakan Aplikasi RKAS.

 

Dengan adanya buku panduan ini diharapkan bagi user yang menggunakan Aplikasi RKAS 4.0 Versi 2.0 tidak menemukan kesulitan, sehingga dapat membantu pihak sekolah dalam membuat laporan-laporan keuangannya dengan baik.

 

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah, selanjutnya disingkat ARKAS merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi penganggaran, pelaksanaan, dan penatausahaan, serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

 

Berdasarkan Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS), dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

 

Fungsi dan Manfaat ARKAS 

Di dalam Panduan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah 4.0 Versi 2.0 disampaikan beberapa fungsi dan manfaat ARKAS, sebagai berikut.

1.    Mengukur pembelanjaan Dana BOS di sekolah terkait 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

2.    Mempermudah sekolah dalam pelaporan dan pertanggungjawaban daa BOS.

3.    Menjamin tercapaiya penggunaan sumber Dana secara efisien, efektif, dan berkesinambungan.

4.    Memfasilitasi sekolah dalam menyusun perencanaan, penganggaran, dan penatausahaan sekolah dari manual ke bentuk digital.

 

Kelebihan ARKAS 4.0 

Beberapa kelebihan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah 4.0 adalah sebagai berikut.



 

Syarat dan Ketentuan ARKAS 

Berdasarkan Buku Panduan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah 4.0 Versi 2.0, dijelaskan bahwa sebelum mengunduh, memasang, dan menggunakan aplikasi, maka pastikan perangkat yang digunakan telah memenuhi syarat penggunaan sebagai berikut.


Jenis Prosesor

: Prosesor yang mendukung Sistem Operasi Windows

Sistem Operasi

: Windows 10 atau yang lebih baru

Memori (RAM)

: Minimal 2 GB atau lebih tinggi

Ruang Hard

1 GB

Resolusi Layar

: 1366 x 768 atau lebih tinggi

Persyartaan Tambahan

: Koneksi Internet

 

 

Alur Penggunaan ARKAS 

Sesuai Buku Panduan ARKAS 4.0 Versi 2.0, alur penggunaan ARKAS adalah sebagai berikut.


Alur Penggunaan ARKAS 4.0



 

Download Buku Panduan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah 4.0 Versi 2.0 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

 Buku Panduan ARKAS 4.0

 

Demikian artikel kali ini yang bisa admin bagikan terkait Buku Panduan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah 4.0 Versi 2.0. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "Buku Panduan ARKAS 4.0 Versi 2.0"