Dokumen Laporan Satuan Pendidikan di PMM - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dokumen Laporan Satuan Pendidikan di PMM


Sahabat sdnsobang1.com – Download Dokumen Laporan Satuan Pendidikan sebagai Bukti Dukung di PMM - Pengelolaan Kinerja yang dilakukan oleh Kepala Sekolah harus dilengkapi dengan beberapa bukti dukung yaitu KOSP, Dokumen Perencanaan Satuan Pendidikan, Dokumen Laporan Satuan Pendidikan, Dokumen Kehadiran Kelas dan Dokumen Penugasan.

 


Dokumen Laporan Sekolah disusun berdasarkan bahwa sekolah merupakan unit pelaksana pendidikan formal dengan berbagai keanekaragaman potensi peserta didik yang memerlukan layanan pendidikan yang beragam pula.

 

Dasar pemikiran inilah yang mendorong munculnya suatu pendekatan yang dikenal dengan istilah Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) atau School Based Quality Managemen.

 

Pengembangan lebih lanjut tentunya memerlukan suatu Laporan yang sangat matang yang tertuang dalam Rencana Strategis Sekolah. Oleh karena itu, maka sekolah harus dinamis dan kreatif dalam melaksanakan perannya Untuk mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan dan sekaligus peningkatan sumberdaya manusia. Dengan Dokumen Laporan Sekolah ini diharapkan dijadikan pedoman kerja serta sebagai acuan dalam upaya pengembangan sekolah.

 

Dengan kata lain, maksud pembuatan Dokumen Laporan Sekolah ini untuk memberikan informasi secara terbuka dan transparansi sebagai pertanggung jawaban atas segala program yang sudah direncanakan oleh sekolah dalam kurun waktu satu tahun Pelajaran, agar pola kerja dan arah tujuan bagi pengelola sekolah dalam melaksanakan tugasnya dalam kurun waktu satu tahun, sehingga dalam operasionalnya dapat lebih efektif dan efisien, sehingga pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

 

Tujuan Dokumen Laporan Satuan Pendidikan

Adapun tujuan dari Dokumen Laporan Sekolah ini adalah:

1.    Sebagai pedoman dan landasan kerja dalam pelaksanaan laporan sekolah, sehingga dapat menjamin agar perubahan atau tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil.

2.    Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat, sehingga semua “Stake Holders“ sekolah mengetahui dan memahami tentang rencana implementasi sekolah.

3.    Mendukung koordinasi antar pelaku pendidikan di sekolah.

4.    Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antarsekolah dan dinas pendidikan kabupaten/kota, dan antarwaktu.

5.    Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara Laporan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.

6.    Menjamin tercapainya penggunaan sumber-daya secara efisien, efektif, berkeadilandan berkelanjutan.

7.    Sebagai dasar dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi pada saat berlangsungnya kegiatan dan akhir program.

8.    Sebagai bentuk pertanggung jawaban dari semua warga sekolah yang terkait agar bisa dilihat dievaluasi atas segala tugas dan tanggung jawabnya.

9.    Sebagai alat ukur dan evaluasi keberhasilan program disekolah dan perbaikan untuk kedepannya demi menuju sekolah yang berkualitas.

10. Melatih karakter jujur dan memberikan tauladan yang baik bagi semua insan pendidikan.

  

Cara Unggah Dokumen Laporan Satuan Pendidikan di PMM

Cara unggah dokumen laporan satuan pendidikan dapat dilakukan di PMM, tepatnya di fitur Pengelolaan Kinerja. Untuk bisa mengunggah bukti dukung perencanaan satuan pendidikan, kepala sekolah perlu masuk ke akun PMM terlebih dahulu dengan email belajar.id. Berikut langkah-langkahnya:

  • Login ke akun PMM dengan email belajar.id melalui tautan https://guru.kemdikbud.go.id/login.
  • Klik ‘Pengelolaan Kinerja’ pada halaman awal PMM. Sebaiknya gunakan laptop atau PC untuk mendapatkan pengalaman terbaik.
  • Pilih menu Pengelolaan Kinerja, kemudian klik menu Kepala Sekolah, lalu pilih Sebagai Pejabat Penilai Kinerja.
  • Selanjutnya, klik ‘Lakukan Penilaian’ untuk masuk ke halaman Penilaian Kinerja.
  • Pilih Cek Dokumen pada opsi Kumpulkan Dokumen untuk mulai mengunggah dokumen Perencanaan Satuan Pendidikan dan bukti dukung lainnya.
  • Selesaikan proses dengan mengklik ‘Unggah’, lalu klik ‘Kumpulkan’.

 

Download Contoh Dokumen Laporan Satuan Pendidikan di PMM

Bagi yang memerlukan, silahkan Download >>> Dokumen Laporan Satuan Pendidikan di PMM sebagai Bukti Dukung di PMM.

 

Demikian informasi tentang Unduh Dokumen Laporan Satuan Pendidikan di PMM yang bisa admin bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "Dokumen Laporan Satuan Pendidikan di PMM"