KKM Untuk Kelas 4 SD Semester 1 dan 2 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

KKM Untuk Kelas 4 SD Semester 1 dan 2


Sebelum melaksanakan kegiatan awal pembelajaran, guru terlebih dulu menentukan Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM digunakan sebagai acuan menyatakan siswa lulus dan tidak lulus pembelajaran dan tindakan yang tepat bagi guru terhadap hasil penilaian. Bagi siswa yang mendapat nilai di bawah KKM diberikan layanan remedial dan bagi yang melampaui KKM diberikan pengayaan.


Penentuan KKM dapat ditentukan dengan menghitung tiga aspek utama dalam proses belajar mengajar siswa. Secara berurutan cara ini dapat dengan menentukan KKM Indikator, KKM Kompetensi Dasar (KD), KKM Standart Kompetensi (SK), KKM Mata Pelajaran. Dalam membuat KKM harus memperhatikan, yaitu: kompleksitas, daya dukung, dan kemampuan (intake) rata-rata siswa.

Kompleksitas merupakan tingkat kesulitan materi pada tiap indikator, KD maupun SK. Daya Dukung yang dimkasud dalam menyusun KKM adalah ketersedian sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah dalam menunjang kegiatan belajar siswa. Sedangkan intake merupakan tingkat kemampuan rata-rata siswa yang bisa didasarkan pada nilai yang dicapai siswa pada kelas sebelumnya.

Di kelas 4 Sekolah Dasar (SD) pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pembelajaran menggunakan metode per mata pelajaran. Setiap mata pelajaran memiliki nilai KKM yang berbeda. Berikut ini aplikasi KKM untuk kelas 4 SD semester 1 dan 2 dengan rincian per mata pelajaran yaitu, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan SBK, dapat didownload di tautan berikut ini:

KKM menjadi acuan bersama guru, siswa, dan orang tua. Oleh sebab itu, pihak-pihak yang berkepentingan terhadap penilaian di sekolah berhak untuk mengetahuinya. Sekolah perlu melakukan sosialisasi agar KKM dapat mudah diketahui siswa dan atau orang tuanya. KKM harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar sebagai acuan dalam menyikapi hasil belajar siswa. (Sumber: www.sekolahdasar.net)

Posting Komentar untuk "KKM Untuk Kelas 4 SD Semester 1 dan 2"