Pemetaan KD Kelas 6 Kurikulum 2013 Semester 1 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pemetaan KD Kelas 6 Kurikulum 2013 Semester 1


Kurikulum 2013 (K13) yang diimplementasikan pada jenjang Sekolah Dasar (SD) kelas 6 menggunakan metode pendekatan tematik terpadu. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran secara terintegrasi untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa.


Pembelajaran Tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan materi pengajaran dan pengalaman belajar melalui keterpaduan tema. Untuk itu, guru perlu melakukan perencanaan pembelajaran yang didasarkan atas pertimbangan yang matang agar siswa memiliki pengalaman belajar yang bermakna. 

Tema menjadi pengikat keterkaitan antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya. Pada pembelajaran ini guru menyajikan pembelajaran dengan tema dan sub tema dan dihubungkan dengan antar mata pelajaran sehinggga siswa memperoleh pandangan dan hubungan yang utuh tentang kegiatan dari muatan mata pelajaran.

Dalam pembelajaran tematik, perlu dilakukan beberapa hal yang meliputi tahap perencanaan salah satunya pemetaan Kompetensi Dasar (KD) ke dalam Sub Tema. KD merupakan salah satu unsur dalam Kurikulum 2013, KD mengandung muatan pengetahuan, keterampilan ataupun sikap yang harus dicapai siswa.

Manfaat adanya pemetaan KD kelas 6 K13 ini kegiatan belajar mengajar bisa terukur dan disesuaikan dengan kalender pendidikan agar tepat waktu dan tepat tujuan sehingga guru punya pegangan yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Selain itu, dapat mempermudah anda dalam menyusun kisi-kisi soal, melakukan penilaian.

Dengan pemetaan KD kelas 6 Kurikulum 2013 dapat mengetahui kompetensi dasar (KD) Kurikulum 2013 revisi 2018 yang muncul pada pembelajaran semester 1 di kelas 6 SD. Bagi Anda yang membutuhkan pemetaan KD Kelas 6 Kurikulum 2013 revisi terbaru dapat didownload melalui tautan berikut: 

Pemetaan KD kurikulum 2013 Kelas 6 semester 1 tersebut setiap muatan pelajaran yang dikutip langsung dari buku guru kelas 6 semester 1. Pemetaan kompetensi dasar (KD) kurikulum 2013 kelas 6 semester 1 dibuat dalam format excel yang disusun berdasarkan pembelajaran 1 sampai pembelajaran 6 dalam setiap subtema. (Sumber: https://www.sekolahdasar.net)

Posting Komentar untuk "Pemetaan KD Kelas 6 Kurikulum 2013 Semester 1"