Aplikasi ARKAS Versi 2.02 Tahun 2020 Kemdikbud - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Aplikasi ARKAS Versi 2.02 Tahun 2020 Kemdikbud



Aplikasi RKAS Versi 2.02 Tahun 2020 Kemdikbud – Pada postingan sebelumnya admin telah berbagi Contoh RKAS BOS TAHUN 2020 Sesuai Juknis BOS Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020, kaitannya dengan RKAS admin akan kembali memberikan solusi terbaik untuk pengerjaan RKAS, dalam hal ini admin menggunakan Aplikasi RKAS terbaru yaitu Aplikasi RKAS Versi 2.02 Tahun 2020.
Aplikasi ARKAS Versi 2.02 Tahun 2020 Kemdibud



Untuk lebih jelasnya simak penjelasan admin berikut ini:
Setiap Bendahara Sekolah yang di tugaskan pada salah satu sekolah baik sekolah TK, SD, SMP, SMA ataupun SMK. di wajibkan untuk dapat menggunakan aplikasi RKAS yang dapat di gunakan oleh seorang bendahara sekolah untuk melakukan pelaporan dana BOS (bantuan operasional sekolah di sekolahnya masing-masing).

Dana BOS adalah bantuan dari pemerintah pusat yang di terima oleh setiap sekolah dalam bentuk uang tunai dengan tujuan untuk pengembangan sekolah dan peningkatan mutu Pendidikan di setiap instansi-instansi Pendidikan.

RKAS adalah singkatan dari rencana kegiatan dan anggaran sekolah.

Melalui aplikasi RKAS maka sekolah harus membuat sebuah perencanaan yang akan di gunakan dalam penyaluran dana bantuan sekolah. Setiap sekolah sebelum mencairkan dan menggunakan dana bantuan sekolah, tentunya telah memiliki perencanaan penggunaan anggaran tersebut yang kemudian perencanaan tersebut di masukkan kedalam aplikasi RKAS sehingga rencana tersebut dapat menjadi sebuah laporan yang sifatnya transparan atau tidak mengarang.

Pada sejarahnya Aplikasi RKAS ini telah di gunakan bertahun-tahun sebelumnya tetapi sampai saat ini masih banyak juga sekolah yang belum menggunakan aplikasi tersebut di tahun 2020 ini pemerintah telah memberikan surat edaran yang mewajibkan setiap satuan Pendidikan untuk menggunakan aplikasi RKAS dalam memberikan pelaporan kegiatan penggunaan dana bantuan operasional sekolah.

  • Tonton juga video tutorial Instalasi ARKAS Versi 2.02 pada [YOUTUBE] kami. 


Dalam Juknis BOS Tahun 2020 telah banyak perubahan yang terjadi dalam penganggaran dana BOS di tahun 2020 ini, mulai dari anggaran yang sudah langsung dapat di salurkan ke rekening sekolah masing-masing serta penggunaan anggaran yang sudah semakin membaik khususnya untuk peningkatan kualitas Pendidikan dan kesejateraan pendidik dan tenaga kependidikan, terutama kebijakan Besaran Gaji Honorer baik Guru maupun operator, Penjelasan lebih rincinya. Pada postingan Besaran Honor Pegawai

Pada aplikasi RKAS versi 2.02 ini terdapat beberapa perubahan dan perbaikan, yaitu:
1.     Perbaikan alur sinkron
2.     Perubahan kemanan komunikasi
3.     Perbaikan validasi Guru
4.     Penambahan download report jika ada perubahan secara otomatis
5.     Perbaikan pengesahan
6.     Perbaikan aktivasi BKU

Dari pembaruan-pembaruan diatas Aplikasi RKAS versi 2.02 ini meng-akomodir perubahan sesuai Juknis BOS reguler tahun 2020.

Penasaran dengan Aplikasi RKAS Versi 2.02, silahkan unduh pada link dibawah ini:


Bagi rekan-rekan operator sekolah yang telah menginstal Aplikasi RKAS versi sebelumnya bisa langsung melakukan installasi Aplikasi RKAS versi 2.02 tanpa harus menghapus terlebih dahulu Aplikasi RKAS versi sebelumnya.

Jika ada rekan-rekan yang membutuhkan aplikasi Pelaporan Dana BOS, LPJ BOS Tahun 2020 berikut formatnya yang bisa di unduh Format Pelaporan Dana BOS Tahun 2020


Demikian admin sampaikan terkait Aplikasi ARKAS Versi 2.02 Tahun 2020 Kemdibud, semoga bermanfaat dalam membantu pelaporan Dana BOS di tahun 2020 ini dan terima kasih sudah mampir ke blog kami…

Posting Komentar untuk "Aplikasi ARKAS Versi 2.02 Tahun 2020 Kemdikbud"