Solusi Tidak Terdata di Aplikasi Verval Dapodik dan Verval Ijazah Info GTK SSCASN PPPK 2021 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Solusi Tidak Terdata di Aplikasi Verval Dapodik dan Verval Ijazah Info GTK SSCASN PPPK 2021

 

Sahabat sdnsobang1.com – Sebelumnya admin telah membagikan artikel terkait Solusi Tidak Terdaftar di Dapodik pada Akun SSCASNPPPK 2021. Kali ini admin update artikel kembali terkait Solusi Data Tidak Didapatkan Di Saat Verval Ijazah Di Info GTK, yang masih erat kaitannya dengan Pendaftaran PPPK Guru di Portal SSCASN Tahun 2021.

 


Pendaftaran CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non Guru Resmi dibuka mulai 30 Juni 2021, Pendaftaran hanya satu portal di SSCASN.BKN.GO.ID

 

BACA JUGA: Cara Verval Ijazah yang Baik dan Benar


Siapkan Berkas, Pendaftaran CPNS dan PPPK Guru, Non Guru mulai tanggal 30 Juni – 21 Juli Pukul 23.59 Serentak di SSCASN BKN 2021/2022 (Lihat Selengkapnya).

 

Verval Ijazah beberapa guru dan terdapat salah seorang guru pada di saat mem vervalkan ijazah nya timbul pemberitahuan Data Tidak Ditemukan. Apabila bapak/ibu mendapatkan permasalahan menyerupai ini gak usah terlalu khawatir ya, alasannya yakni di setiap permasahalan niscaya ada solusinya. Dan solusinya yakni silahkan unggah dokumen secara manual, rencanakan apalagi dulu Scan File Ijazah dalam format PDF.

 

Pada artikel kali ini admin akan membagikan penyelesaian dari Solusi Data Tidak Ditemukan Pada Saat Verval Ijazah di Info GTK

 

Dalam pendaftaran PPPK Guru 2021 daftar peserta yang berhak untuk mendaftar pada seleksi PPPK Guru Tahun 2021 adalah guru Honorer THK-II sesuai database THK-II di BKN, Guru Honorer yang masih aktif mengajar di sekolah negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud, Guru yang masih aktif mengajar di sekolah swasta dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di Database Lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemendikbud. Dalam pendaftaran pppk 2021 ini itulah syarat pendaftaran p3k 2021 termasuk untuk menjawab apakah fresh graduate bisa daftar pppk 2021.

 

Namun ketika kita akan mendaftar PPPK Guru atau mendaftar formasi pppk guru kita gagal karena data kita tidak terdaftar di dapodik dengan pesan galat Anda tidak terdaftar dalam basis data dapodik. Anda hanya bisa mendaftar PPPK Guru bila anda merupakan eks tenaga honorer kategori 2 K-II Padahal Terdaftar di Dapodik.

 

Memang formasi PPPK Guru Hanya Untuk yang Terdaftar di Dapodik, tapi mengapa kita untuk formasi pppk guru belum bisa daftar padahal syarat pppk guru 2021 sudah terpenuhi. Seperti yang kita ketahui dalam pendaftaran pppk guru 2021 fresh graduate tidak bisa daftar cpns namun fresh graduate bisa daftar pppk. Itulah perbedaan cpns dan pppk. Pada video ini saya sajikan Penyebab Anda tidak Terdaftar Dalam Basis Data Dapodik dalam Pendaftaran PPPK Guru dan Solusi Galat! Anda tidak Terdaftar Dalam Basis Data Dapodik dalam Pendaftaran PPPK Guru.

 

Pada saat mendaftar PPPK Guru di Portal SSCASN, ketika sahabat menemukan kasus GALAT Data pendidikan anda tidak terdapat di dapodik, silakan perbaharui data anda di aplikasi validasi kualifikasi pendidikan Kemendikbudristek pada. [APLIKASI VERVAL DAPODIK] Proses Verifikasi dan Validasi Pendidikan membutuhkan waktu paling lambat 3 x 24 jam. Silakan login di akun SSCASN anda secara berkala ada 2 (dua) kemungkinan permasalahan yang timbul adalah sebagai berikut:

1.    Server sedang keadaan down/busy/sibuk

2.    Belum verval ijazah

 


Pada artikel kali ini admin akan membagikan penyelesaian dari Solusi Data Tidak Ditemukan Pada Saat Verval Ijazah di Info GTK, yaitu terkait pada point nomor 2 (dua).  

 

Lalu bagaimana Solusi Data Tidak Ditemukan Pada Saat Verval Ijazah di Info GTK???

 

Silahkan terusan halaman INFO GTK, kemudian silahkan klik pada tombol menjalankan verval ijazah S1/D-IV. Selanjutnya, masuk di halaman menyerupai gambar dibawah ini, dan silahkan isikan:




  • Perguruan Tinggi
  • Prodi
  • NIM
  • dan silahkan klik tombol Cek.

Setelah cek data verval ijazah, timbul pemberitahuan Data Tidak Ditemukan silahkan unggah manual dokumen lewat tautan berikut: INFO GTK.

 


Solusinya, silahkan apalagi dulu siapkan scan file ijazah dalam format PDF. Selanjutnya, silahkan klik tombol Unggah Dokumen.

 


Kemudian, masuk di halaman menyerupai gambar dibawah ini. Silahkan isikan nama Perguruan Tinggi, dan unggah dokumen scan ijazah dalam format pdf klik pada tombol browse. Kemudian klik tombol Simpan.

 


Selanjutnya, masuk di halaman pengisian data Verval Ijazah, silahkan isikan:

  • Perguruan Tinggi
  • Prodi
  • NIM
  • No. Ijazah
  • Tanggal Ijazah
  • Upload File Ijazah
  • Kemudian klik tombol Simpan.

 



Dan silahkan tunggu sampai proses verval ijazah sukses dilakukan. Apabila timbul halaman menyerupai gambar dibawah ini, memiliki arti bapak/ibu sudah sukses menjalankan verval ijazah.

 




Untuk Lebih Jelasnya, Silahkan sahabat Tonton Video Tutorial Solusi Tidak Terdata di Aplikasi Verval Dapodik dan Verval Ijazah Info GTK SSCASN PPPK 2021, jangan lupa LIKE, SHARE dan SUBSCRIBE ya..



Demikian artikel yang bisa admin bagikan terkait Solusi Data Tidak Ditemukan Pada Saat Verval Ijazah di Info GTK, silahkan rencanakan saja file scan ijazah dalam format.pdf. Semoga informasi diatas bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

  

78 komentar untuk "Solusi Tidak Terdata di Aplikasi Verval Dapodik dan Verval Ijazah Info GTK SSCASN PPPK 2021"

  1. saya sudah berhasil verval ijazah, tetapi tanggal lulus nya salah.
    apakah bisa di verval ulang?
    atau di edit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pa, klik lagi tautannya.. dan input, upload ulang berkas, nanti admin ngambil data yang terakhir pa.. segera mmpung msh ada waktu pa

      Hapus
    2. Bagaimana pak tidak bisa mengedit yg salah pak,, sepertinya saya salah nim . Pas di cek, keterangannya ijazah "null"

      Hapus
    3. Bagaimana mengeditnya pak? Keterangan ijazah saya null di integrasi pddikti

      Hapus
    4. klik link riwayatnya atau masuk ke sscasn lg, kemudian klik verval dapodik, verval ijazah kenmbali, upload ulang lg

      Hapus
  2. Mohon maaf, mau nanya. Saya sudah melakukan verval ijazah melalui aplikasi verval yang ada di laman sscasn pada hari sabtu 3 juli akan tetapi sampai sekarang belum berhasil. Saya cek di di info.gtk statusnya masih menunggu pemeriksaan oleh operator pusat. Lalu saya hubungi operator sekolah katanya dapodik sudah tutup. Yg saya tanyakan apakah memang vervalnya lama atau memang karena dapodik sudah tutup untuk perbaikan data?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika blm diinputkan ke dapodik seharusnya segere, cuma ketika dapodik off seperti ini susah. syarat dari admin sscasn 3x24 jam, tetapi kadang lebih pa..
      sabar aja pa..
      coba aja login ke dapodikdasmen akun ptk, barangkali bisa dinputkan.

      Hapus
  3. Saya ngajar di SD dulu pakai ijazah S1PAUD, sdh diverval. Kemarin awal Juli saya lakukan lg perbaikan verval ijazah dengan ijazah PGSD, dan sudah disetujui. Info gtkanya juga sudah valid pendidikan pgsdnya. Tapi pas saya daftar p3k yang muncul di pendidikan adalah pendidikan PAUD, nah ini bagaimana solusinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikuti perubahannya (ganti S1 PAUD dengan S1 PGSD) pada data rinci GTK di Dapodiknya, kemudian sinkron pa..
      lihat perubahannya di Dapodikdasmen akun GTK dan info GTK, bsudah berubah atau belum

      Hapus
    2. halo,ini kasusnya sama seperti saya, saya ijasah awal pendidikan ekonomi, lalu saya kuliah pgsd, padahal saya sudah verval ijazah PGSDnya, pas daftar awal sudah muncul prodi pgsd, tp setelah saya cek lagi malah pendidikan eko yg muncul. kalau sudah ketemu solusi mohon infokan ya, terimakasih

      Hapus
  4. Mohon maaf mau bertanya. Pendidikan di dapodik saya adalah PSKGJ Pendidikan guru sekolah dasar. Dan sendangkan di ijazah saya pendidikan guru sekolah dasar. Ini saya bingung, kenapa berbeda. Apakah kesalahannya ada di saat saya verval atau dimana pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kesalahan ketika verval.. jika masih ada waktu, mending bapak/ibu verval ulang.
      kemudian teliti/periksa kembali data rinci di dapodik, dapodikdasmen online, dan info GTK nya.. apakah msh data lama atau sudah baru. verval ditunggu 3x24 jam

      Hapus
  5. Mohon maaf saya mau bertanya. Saya mau daftar p3k, tetapi data pendidikan di dapodik adlah PSKGJ pendidikan sekolah dasar. Sedangkan ijazah saya adalah PGSD. Jadi saya ragu untuk mendaftar dan saya verval ulang dan masih menunggu.

    BalasHapus
  6. Selamat sore, istri saya belum bisa mendaftar PPPK karena belum ferval ijazah, tapi sdh masuk dapodik, apakah bisa dan bagaimana cara ferval dan pendaftarannya, tks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketika blm verval, maka akan muncul verval dapodik pada bagian memilih formasi, seperti pada gambar postingan diatas, klik verval dapodiknya kemudian bapa lakukan verval ijazah. lanjutkan sesuai perintah dan proses. setelah verval ijazah, tunggu hingga 3x24 jam.. semoga kita semua bia mendaftar dan lolos pppk tahun ini. Amin

      Hapus
  7. saya sudah verval tetapi salah pilih jurusan, saya pilih yang pilihannya PSKGJ PPKn sedangkan saya seharusnya PPKn.
    Apakah bisa di gantin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. verval kembali bisa ko, sebelum tagl 21 Juli 2021. nanti admin verval ngambil data yang terakhir di upload. cek lg di info gtk, inputkan lagi di Aplikasi dapodik manual dan sinkron bila perlu. cek n ricek lagi. sampai keterangan verval selesai/berhasil

      Hapus
    2. Tapi masalahnya saya tidak bisa log in ke info gtk, saya hanya bisa verval melalui sscasn jadi solusinya bagaimana pak

      Hapus
    3. Masalahnya saya tidak bisa log in ke info gtk. Saya hanya bisa verval ijasah lewat SSCASN jadi apa solusinya bapak

      Hapus
    4. kenapa tidak bisa login? akunnya minta ke OPS. jika seperti itu tunggu aja

      Hapus
  8. Bagaimana cara verval ulang pada SSCASN pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik link pada verval ijazahnya. kemudian verval ulang. lihat riwayat pada PC/laptopnya. selama Resume bln diklik, maka msh bisa dirubah.

      Hapus
  9. Izin bertanya.
    Saya sudah verval ulang dari pendidikan Bahasa Inggris menjadi PGSD, di Info GTK status nya sudah berubah menjadi "verval selesai", tetapi di SSCASN ketika mau daftar P3K masih saja pendidikan Bahasa Inggris.
    Apakah saya masih harus menunggu lagi? Karena sudah lebih dari 4x24 jam.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. di data rinci GTK pada aplikasi dapodik apakah sudah dirubah?

      Hapus
    2. Alhamdulillah sudah berubah pendidikannya setelah menunggu 7 hari.
      Tapi sekarang masalahnya lokasi kerja/pilihan sekolah saya tidak muncul.
      Bagaimana solusinya?
      Terima kasih

      Hapus
    3. Kualifikasi ibu? Formasi di sekolah ibu? apakah Calon pendaftar lebih banyak dari formasi di sekolah ibu? jika lebih banyak maka formasi tsb sudah penuh dan ditutup. solusinya ib cari sekolah lain sesuai kualifikasi pendidikan dan/sertifikat pendidik

      Hapus
  10. Saya sudah verval ijasah secara uplod ijasah tapi sudah 5 hari status verval masih permeriksaan operator pusat, berapa hari ya status verbalnya selesai . Apakah saya bisa ikut daptar pppk , karena belum verval ijasah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar aja, memang verval kemarin paling lambat 27-02-2021..

      Hapus
  11. Saya sdh verval tpi sdh 5 hari statusnya masih menunggu pemeriksaan pusat

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu aja smpai berubah selesai verval

      Hapus
    2. Skrg gmn, apakah ijazah nya sudah terverval kak ? Saya sudah 5 hari juga belum d validasi oleh gtk

      Hapus
    3. jika sudah tidak ada peringatan dan bisa melanjut ke pendaftaran tahap selanjutnya, maka verval dianggap selesai

      Hapus
  12. saya sudah verval , nama ijazah jurusan sudah benar, tapi nama sekolahnya tidak muncul, beda bukan sekolah yang saya mengajar, bagaimna ya pak solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah di sekolah bapak/ibu ada formasi yg sesuai jurusan?

      Hapus
  13. izin bertanya..
    teman saya sudah veral ijah di Info GTK, bulan yang lalu, dan hasil vervalnya sudah keluar di info gtk, tetapi saat pilih PPPK di SSCN masih juga tidak bisa,tidak terdaftar katanya. bahkan sudah melakukan HelpDesk juga,.. bagaimana yah solusinya.?
    apakah harus di ulang verval ijazah di info gtk? atau bagaimana..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Verval ijzah sebenarnya kemarin paling telat 27-02-2021.
      dibarengi dengan input manual di aplikadi dapodik sekolah, kemudian sinkron, otomatis data terupdate.
      untuk sekarang dapodik sedang off..

      Hapus
  14. Data saya tdk di temukan diporlap dikti jd sy verval pake metode unggah ijazah sdh lewat 3x24 jam tp setiap cek info gtk jwbnya menunggu pemeriksaan berkas operator pusat apakah prosesnya lama klo pake metode unggah ijazah

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu dan sabar hingga proses verval selesai

      Hapus
  15. Bapak.. apakah perbaikan validasi verval ijazah di info gtk dengan metode upload berkas saat ini akan di proses oleh pusat? Berapa lamakah waktunya Bapak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sscasn tertera 3x24 jam.. untuk pastinya saya jg blm tau

      Hapus
  16. Saya sdh verval sejak tgl 1 Juli tp belum diperiksa operator pusat, jik hingga btas waktu pendaftaran pppk tgl 21 blm jg diperiksa, apa yg harus saya lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar dan berdoa.. semoga semua lancar dan semua bisa mendaftar dan lulus

      Hapus
  17. Selamat malam. Data saya sudah berhasil di verval pada tanggal 7 Juli tetapi kok tetap muncul peringatan kalau tidak terdaftar di dapodik . Kira-kira kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin server pa.. jika data pada dapodik dan verval sudah ok. sabar dan cari waktu sepi yg akses SSCASN

      Hapus
  18. Asslamualikum pak... pak jika sudah melakukan verval ijazah tetapi pas pendftaran sscasn wktu memilih jenis seleksinya saya pilih PPK GURU cmn keluar kata data tidak terbaca pada dapodik, sudah 1 minggu saya coba refresh tetapi msh belum jga pak, ini bagaimana solusinya pk??? apa hrus perbaikan validasi atau bgaimana pak?sedngkan diinfo GTK saya tertulis verval berhasil tgl 27-11-2020..mohon bantuannya pk wasslm

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar aja bu, tunggu lebih lama mungkin server lg down. ibu coba cari waktu yg kiranya yg mengakses SSCASN sepi.

      Hapus
  19. Asslmu'alaikm. maaf pak klo saya terdaftar d dapodik tapi belum verval ijazah, tiap mau verval lamannya gak bisa d klik. Sudah klik nama universitas tp yg muncul malah universitas luar negeri. Solusinya gimana ya pak?🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin server pa bu.. cari timing yg pas, dan jaringan bagus. terus ulangi sblm tgl 21 pa.. semoga berhasil.

      Hapus
  20. Assalamualaikum, sy baru sj verval ijazah di info gtk, setelah 3 hr data tgl lulus yg di SSCASN ikut berubah sesuai data yg sy verval ttp status msh menunggu proses dr pusat.. sy blm resume.. apa sebaiknya sy resume stl status 'selesai' ya pak.. pdhl operator tdk bs sinkron .. mohon solusinya agar tdk terjadi kesalahan.. terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika data semua sudah sesuai dan tidak ada kesalahan, silahkan lanjutkan. alangkah baiknya tunggu sampai selesai, sabar saja karena msh lama pendaftaran sampai 21-07-2021.

      Hapus
  21. kenapa di info gtk tidak muncul untuk verval ijazah ya, untuk tenaga kependidikan seperti Tata usaha di SMP, mohon solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bapa punya akun? untuk itu admin blm tau pa, admin posisi di SD. Di SD jarang ada Tenaga Kependidikan..

      Hapus
  22. Saya baru verval ijazah kemarin, status verval di info gtk menunggu proses dari operator pusat.
    Berapa lama waktunya verval bisa berhasil ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. minimal 3x24 jam. maksimal 1 minggu biasanya..

      Hapus
  23. Pak mau tanya saya terdaftar di dapodik tp disekolah yg lama sementara sudah 6 tahun mengajar disekolah yg baru bagaimana apakah saya bisa ikut pppk

    BalasHapus
  24. Pa maaf, untuk tanggal yg dimasukan itu tanggal lulus atau tanggal ijazah yah?
    Kalau tgl lulus kan tgl dinyatakan lulus, kalau tgl ijazah yg tertera diatas ttd rektor.
    Waktu verval 4 hari lalu yg saya masukan tanggal ijazah, tapi status verval smpai saat ini tidak kunjung selesai, saya takutnya karna salah memasukan tanggal.
    Mohon arahan dan bantuan jawabannya, terimakasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. permintaanya vervalnya tanggal ijazah, jadi yg diambil yg bawah yg ada TTD Rektor.
      sabar aja bu..

      Hapus
  25. Saya belum verval ijasahnya pak....trus sya buka di info gtk verval ijasahnya sdh tidak ada..bagamana solusinya pak

    BalasHapus
  26. kak,mau nanya saya nggak bgtu paham p3k krna saya nggk honor,saya ingin naya kk,verval dapodik dgn verval ijazah it sama nggak ya,krna yang ayuuk saya ini sampai skrng nggk bisa log in,selalu mncul tulisan "gagal mengambil data pendaftran" .tolong bntuan ya kk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. verval dapodik dengan ijazah sama. pertama honor tsb harus sudah terdaftar di aplikasi dapodik, kemudian setelah itu untuk keabsahan pppk 2021 syarat selain honor di dapodik, kita jg harus verval keabsahan ijazah kita via verval ijazah. setelah semua sinkron baru bisa mendaftar pppk 2021

      Hapus
  27. Salam Pak. Aduhhhh Saya salah masukkan tgl ijazah saat Verval di sscasn. Mai Saya perbaharui gmn y pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. timpah, upload ulang ijazah, verval kembali. nanti data yg akan diambil data yg terbaru

      Hapus
  28. Pak Saya salah masukkan tgl izasah saat verval... D sscasn... Mai dirubah tidak bisa bagaimana y pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ulangi verval ijazahnya, timpah data lama dengan data baru, timpah dengan verval yg baru

      Hapus
  29. izin bertanya saya menverval ijazah tanggal 9 juli kemaren tapi saat ini masih menunggu op pusat apakah lama menunggu proses pusat,jadi apakah bisa saya verval lg dengan metode api

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika sudah, tunggu aja bu.. kalo verval lagi, takutnya tambah lama, sdngkan waktu mepet

      Hapus
  30. Izin bertanya kalau belum d validasi oleh pusat gk bisa di ubah verval ijazahnya ya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika merasa ada kesalahan, segera timpah dengan berkas yg baru. permasalahannya sekarang waktu sudah mepet

      Hapus
    2. Bagaimana cara agar bisa d verval dengan data yang baru pak, soalnya pas saya klik verval ijazah di sscn, saya isi dengan data yg benar tidak tersimpan, krn data yg lama belum d validasi oleh gtk.

      Hapus
    3. sepertinya harus nunggu dulu pa.. tp biasanya ketika data lama ditimpah sama data baru, bisa.. nanti muncul riwayat..

      Hapus
  31. sy mau bertanya, bagaimana jika verval ijazah saya belum juga jadi..masih dengan tulisan yang sama yaitu verval anda belum di perikasa TIM GTK padahal sudah 2 minggu..dan saya mendaftar hanya menggunakan Serdik , karena lulusan PPG dan belum juga mengajar. bagaimana solusinya? Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar aja pa.. mudah-mudahan hanya server..
      karena bapak tdk terdftr di dapodik dan info gtk, jd solusi saya blm menemukan yg seperti ini.

      Hapus
  32. Pak saya mau tanya, saya tgl 18 td verval ijazah di info gtu saya masukan nim saya klwr semua dta saya, yg saya tanyakan ijazah saya kn blm klwr hnya bs lihat no ijazah saja wkt saya memverval, jika saya mau mensikron kan ke data dapodik blm bs krna blm ada ijazah kira2 bermslah tidak di dapodik saya, terimakasih pak tlng di jwab

    BalasHapus
  33. Selamat pagi ijin bertanya kalau ijazah saya pend ekonomi trus skrg lagi kerja honor di tk apakah itu bisa mendaftar p3k? Mengingat ijazah dan sekolah tempat kerja berbeda, dan juga saya belum terdaftar dapodik karena perihal tersebut. Mohon dijawab, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus skrg posisinya bagaimana pa/bu? kan verval ijazah sudah berakhir..

      Hapus