Panduan Teknis KSN SD Tahun 2021 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Panduan Teknis KSN SD Tahun 2021

 

Sahabat sdnsobang1.com - Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan Panduan Teknis KSN SD Tahun 2021, pada tanggal 24 Mei 2021 di laman resminya pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id. Sebelumnya admin juga telah mengupdate mengenai Juknis Lomba FLS2N SD SMP Tahun 2021, cek [DISINI]

 


Panduan Teknis KSN SD Tahun 2021 ini disusun sebagai acuan bagi peserta, satuan pendidikan, dan panitia penyelenggara  untuk mempersiapkan dan mengikuti KSN SD tahun ini dengan sebaik- baiknya. Semoga Panduan Teknis Pelaksanaan ini dapat mempermudah dan memperlancar pelaksanaan KSN SD tahun ini  sehingga anak-anak Indonesia tetap dapat menunjukkan prestasi  di bidang sains dan terus berlatih untuk menjadi generasi unggul bangsa.

 

KSN SD tahun 2021 merupakan kompetisi ke-2 yang dilaksanakan secara daring/online oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).  Pelaksanaan KSN SD tahun 2021 terdiri atas 2 (dua) tahap, yaitu tahap penyisihan dan tingkat nasional. 

 

TUJUAN UMUM DAN TEMA KSN SD 2021

Tujuan Umum KSN SD Tahu 2021 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan  Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD/MI dan atau  yang  sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang  berasaskan pendidikan  karakter  meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tema Lomba KSN SD tahun 2021 adalah: “Aku Hebat, Aku Sehat, Indonesiaku Kuat”

 

ACUAN LOMBA SELAMA PANDEMI COVID- 19

Berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), maka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dilakukan secara terbatas. Berbagai kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk pembelajaran, namun Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih pilihan mayoritas satuan pendidikan dalam mengakselerasi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan keputusan 4 (empat) menteri tentang PTM dan PJJ serta mengingat masih adanya zona merah, oranye dan kuning di Indonesia maka pelaksanaan KSN SD tahun 2021 dilakukan secara daring/online.

 

SISTEM DAN MEKANISME KOMPETISI

1.      Secara umum pelaksanaan kompetisi Pusat Prestasi Nasional dilakukan secara daring/online

2.      Peserta dapat melaksanakan kompetisi dari rumah atau sekolah dan didampingi oleh orangtua/wali/guru pembimbing dengan mematuhi protokol kesehatan. 

3.      Pelaksanaan kompetisi di sekolah harus memenuhi kriteria sebagai berikut: 

a.      Pendidik dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan sudah divaksinasi Covid-19. 

b.      Satuan pendidikan wajib memberikan layanan protokol kesehatan seperti Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), menyediakan tempat cuci tangan, mengukur suhu peserta sebelum pelaksanaan lomba dan mensterilkan sarana/prasarana lomba yang akan digunakan oleh peserta.

c.      Peserta wajib didampingi oleh orangtua/wali saat pelaksanaan kompetisi.

4.      Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan/atau unsur Sekolah melakukan fungsi pengawasan pelaksanaan lomba.

5.      Dalam menjalankan kegiatan, setiap pihak harus mendisplinkan dirinya dapat mengikuti protokol kesehatan sesuai porsi masing-masing.

 

STRATEGI PELAKSANAAN

1.    KSN SD tahun 2021 ini dilaksanakan dengan sistem daring/online oleh Pusat Prestasi Nasional karena kondisi sebagian besar wilayah Indonesia yang masih berzona merah/oranye/kuning dalam masa Pandemi Covid-19 dan masih berlakunya secara luas kebijakan PPKM.

2.    Media pelaksanaan kompetisi menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh panitia pusat. 

3.    Pelaksanaan kompetisi harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

 

REGISTRASI/PENDAFTARAN PESERTA

1.    Pelaksanaan registrasi  dilakukan  melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba  Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada laman: sdpusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.

2.    Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta KSN SD secara akurat dan benar.

3.    Sekolah memastikan data NISN peserta telah ter-update.

4.    Sekolah mengunggah pakta  integritas/surat  pernyataan siswa, surat keterangan sekolah dan surat pendamping pada laman pendaftaran.

5.    format mengunggah  pakta  integritas/surat  pernyataan siswa,  surat  keterangan  sekolah  dan surat pendamping dapat diunduh pada laman: pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

 

PROSEDUR PELAKSANAAN

KSN SD tahun 2021 dilaksanakan dengan mekanisme tahap penyisihan dan tingkat nasional.

1.  Tahap Penyisihan

a.    Setiap satuan pendidikan diwakili oleh paling banyak 1 (satu) orang peserta didik untuk bidang Matematika dan 1 (satu) orang peserta  didik untuk bidang IPA. 

b.    Tahap  penyisihan  KSN  SD  tahun  2021  dilaksanakan secara daring/online

c.     Tahap  penyisihan  dapat  dilakukan  di  sekolah  maupun dari rumah tetap melakukan protokol kesehatan.

d.    Pusat Prestasi Nasional menetapkan jumlah peserta  KSN SD  tahun 2021  yang akan lolos ke  tingkat nasional sebanyak  272 (dua ratus tujuh puluh dua) peserta didik untuk setiap bidang yang berasal dari 34 (tiga puluh empat) Provinsi.

e.    Pusat Prestasi Nasional tidak melaksanakan  pelaksanaan babak penyisihan ulang/susulan.

f.      Penilaian peserta yang lolos ke tingkat nasional didasarkan pada mekanisme peringkat  nasional dan kuota peringkat nilai tertinggi pada masing-masing Provinsi dengan rincian sebagai berikut:

1)      136 (seratus tiga puluh enam) peserta didik berdasarkan ranking nasional hasil seleksi  tahap penyisihan  dengan jumlah maksimal setiap provinsi sebanyak 6 (enam) peserta didik.

2)      4 (empat) peserta didik wakil masing-masing provinsi diambil dari peringkat tertinggi provinsi. sehingga setiap provinsi dapat diwakili oleh minimal 4 (empat) dan maksimal 10 (sepuluh) peserta didik untuk masing-masing bidang Matematika dan IPA berdasarkan hasil penilaian seleksi tahap penyisihan.

g.    Peserta yang lolos ke tingkat nasional untuk setiap bidang akan dibuktikan dengan Surat Keputusan Kepala  Pusat Prestasi Nasional dan akan mengikuti seleksi KSN SD tahun 2021 tingkat nasional.

h.    Pusat Prestasi Nasional mengumumkan hasil tahap penyisihan melalui laman website Pusat Prestasi Nasional.

 

MEKANISME PELAKSANAAN 

1.  Tahap Penyisihan

a.    Satuan pendidikan  melakukan pendaftaran/registrasi secara  daring/online pada website  Pusat Prestasi Nasional.

b.    Pusat Prestasi Nasional memberikan akun kompetisi kepada peserta yang telah terdaftar.

c.     Pelaksanaan seleksi KSN SD tahun 2021 tahap penyisihan diselenggarakan secara daring/online

d.    Peserta mengikuti petunjuk teknis pelaksanaan KSN SD tahun 2021 sebagai berikut: 

1)      Waktu pelaksanaan selama 60 (enam puluh menit) untuk masing-masing bidang kompetisi.

2)      Soal untuk bidang kompetisi:

a.    Matematika terdiri atas 30 (tiga puluh) soal pilihan jamak (PJ).

b.    IPA terdiri atas 70 (tujuh puluh) soal pilihan jamak (PJ).

e.    Peserta tidak diperkenankan:

1)    menggunakan buku catatan, kamus matematika atau kamus sains (IPA), kalkulator, tabel, atau alat elektronik lain yang dapat digunakan untuk menghitung dan menyimpan data, kecuali buku Kamus Bahasa Inggris-Indonesia dan  Kamus Bahasa Indonesia-Inggris.

2)    meminta bantuan atau digantikan oleh orang lain dalam pengerjaan soal.

f.      Panitia Pusat melakukan pemeriksaan dan penilaian jawaban seleksi tahap penyisihan

 

JADWAL PELAKSANAAN

Jadwal pelaksanaan KSN SD tahun 2021 dapat dilihat pada gambar dibawah ini. 


Selengkapnya silahkan sahabat download/unduh Panduan Teknis KSN SD Tahun 2021, melalui tautan link berikut dibawah ini:

 

Demikian mengenai Panduan Teknis KSN SD Tahun 2021 Lengkap beserta lampiran dan persyaratan pendamping lainnya. Semoga ada manfaatnya dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "Panduan Teknis KSN SD Tahun 2021"