Langkah-langkah Mengatur Sesi ANBK/AKM Tahun 2021 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Langkah-langkah Mengatur Sesi ANBK/AKM Tahun 2021

 

Sahabat sdnsobang1.com – Sebelumnya admin telah berbagi artikel terkait Administrasi ANBK/AKM Lengkap. Kali ini admin update artikel terkait Langkah-langkah mengatur sesi gladi bersih ANBK dan pada saat pelaksanaan ANBK/AKM untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK Tahun 2021/2022.

Dalam pelaksanaan AKM/ANBK nantinya maka ada beberapa tugas penting yang harus di pahami dan di kerjakan oleh seorang proktor khususnya dalam pelaksanaan asesmen nasional.

 

Langkah-langkah Mengatur Sesi ANBK/AKM Tahun 2021

Asesmen nasional atau AKM/ANBK merupakan ujian asesmen sebagai pengganti ujian nasioanal berbasis computer (ANBK). Proktor baik pada pelaksanaan UNBK atau ANBK memiliki tugas yang sama yaitu sebagai pengatur dan pengendali untuk kelancaran pelaksanaan ujian. Olehnya itu sebagai seorang proktor maka harus mengetahui apa apa saya tugas yang harus di kerjakan sebelum pelaksanaan ANBK/AKM di mulai.

 

Pada postingan saya sebelumnya saya telah memberikan penjelasan mengenai apa saja tugas seorang proktor dalam pelaksanaan asesmen. Bagi anda yang ingin mengetahui tentang tugas dan tanggung jawab sebagai seorang proktor dalam pelaksanaan AKM/ANBK maka silahkan anda lihat selengkapnya pada postingan yang telah saya bagikan tentang tugas seorang proktor pada AKM/ANBK.

 

Kita ketahui Bersama bahwa sebelum hari pelaksanaan AKM/ANBK di mulai maka sekolah harus terlebih dahulu mengikuti yang Namanya geladi bersih. Nah pada saat akan mengikuti geladi bersih maka sekolah dalam hal ini proktor harus melakukan pengaturan dan penyetelan pada laman anbk yaitu pengaturan sesi dan pengaturan lainnya yang terkait dengan pelaksanaan geladi bersih ANBK nantinya.

 

Proktor menjadi orang yang sangat berperan penting dalam melakukan penyetelan dan pengaturan sesi sebelum kegiatangeladi bersih ANBK di mulai. Meskipun demikian ternyata tidak semua proktor bisa memahami tentang bagaimana cara untuk melakukan pengaturan sesi dan pengaturan lainnya pada saat akan mengikuti geladi bersih.

 

Nah melalui postingan ini kherysuryawan.id akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara untuk melakukan pengaturan sesi pada saat akan melakukan tahapan geladi bersih di pelaksanaan Asesmen atau AKM/ANBK nantinya. Pengaturan sesi harus dilakukan dengan benar agar pada saat pelaksanaannya nanti semuanya bisa berjalan dengan baik.

 

Mengenai cara untuk melakukan pengaturan sesi untuk kegiatan geladi bersih ANBK maka alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu memahami tentang apa itu ANBK dan apa tujuan serta manfaat yang akan di peroleh dalam pelaksanaan ANBK yang akan dilakukan oleh sekolah mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA/SMK.


Baiklah berikut ini penjelasannya: 

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

 

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.


Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu).

 

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

 

Setelah kita semua memahami tentang apa itu asesmen nasional dan apa tujuan dari pelaksanaan tersebut maka kini saatnya kherysuryawan.id akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara untuk melakukan pengaturan sesi pada pelaksanaan asesmen nasional.

 

Berikut ini penjelasan tentang pengaturan sesi pada pelaksanaan ANBK/AKM Tahun 2021/2022. Untuk persiapan GLADI BERSIH, pemutakhiran data pada web ANBK, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Mengisi nama proktor dan teknisi utama
  • Mengisi rincian komputer proktor, klien dan ruang untuk mendapatkan ID Proktor
  • Mengecek data peserta, data yang ditarik dari BIOAN ke web ANBK adalah peserta yang sudah disampling dan generate nomor peserta
  • Mengatur penempatan peserta ke komputer proktor/ruang, gelombang dan sesi

 

Untuk melakukan pengaturan sesinya adalah sebagai berikut:

1.    Silahkan Kunjungi laman anbk.kemdikbud.go.id

2.    Selanjutnya setelah login ke laman anbk, silahkan klik menu “Asesmen nasional”

3.    Kemudian pilih “Pengaturan sesi”

www.sdnsobang1.com


4.    Pada menu data sesi terdapat beberapa informasi diantaranya adalah Jenjang, Provinsi, Kabupaten, Nama Sekolah, Pilih Peserta, Semua, dan Kolom Pencarian Data seperti gambar dibawah ini:

www.sdnsobang1.com


5.    Dari gambar diatas, Jenjang digunakan untuk menampilkan Jenjang berdasarkan akun ANBK Satuan Pendidikan. Provinsi & Kabupaten menampilkan asal Satuan Pendidikan. Nama Sekolah digunakan untuk menampilkan Identitas Satuan Pendidikan. Pilih Peserta digunakan untuk memilih Satuan Pendidikan yang ikut ANBK, misalnya ada satu jenjang SD yang menginduk di SMP maka nantinya akan ada dua pilihan yaitu ANBK SD dan ANBK SMP/MTs. Semua digunakan untuk menampilkan seluruh data Calon peserta ANBK berdasarkan dari Pilihan Peserta. Sedangkan Kotak Pencarian digunakan untuk mencari Calon peserta ANBK berdasarkan dari Nama Peserta ANBK.

6.    Selanjutnya silahkan Klik Pilih Peserta sesuai jenjang dan klik Semua kemudian akan keluar seluruh Capes ANBK.

7.    Selanjutnya silahkan lakukan pengaturan sesi. Karena batas jumlah siswa dalam 1 ruangan hanya di perbolehkan 15 orang, maka silahkan atur sesuai jumlah siswa yang ada di sekolah anda masing-masing dengan catatan setiap ruangan harus 15 orang.

8.    Sebagai contoh karena siswa di sekolah saya jumlahnya 45 yang menjadi calon peserta ANBK maka  saya memilih 3 sesi dan masing-masing sesi berjumlah 15 orang

9.    Pada pelaksanaan geladi bersih ANBK ada 2 gelombang, maka anda bisa memilih gelombang mana yang ingin anda ikuti saat pelaksanaan geladi bersih

10.  Untuk melakukan pengaturan sesinya maka silahkan anda centang nama siswa sebanyak 15 orang kemudian klik menu “EDIT”

www.sdnsobang1.com


11.  Selanjutnya pilih id proktor, pilih gelombang, dan pilih sesi.

12.  Setelah itu klik simpan

www.sdnsobang1.com


13.  Lakukan lagi untuk siswa selanjutnya dan atur sesuai sesinya

14.  Jika semuanya sudah di lakukan pengaturan sesinya maka untuk melihat hasilnya silahkan klik menu “Rekap” dan pilih “lihat rekap” maka akan ditampilkan hasil pengaturan sesi yang telah kita lakukan

www.sdnsobang1.com


15.  Untuk memastikan pengaturan sesi telah dilakukan dengan benar, maka silahkan klik menu “Cek kelengkapan data”

www.sdnsobang1.com


16.  Apabila pada menu status telah tercentang warna biru maka itu artinya pengaturan sesi telah sesuai

www.sdnsobang1.com


17.  Selesai

 

Demikianlah informasi mengenai cara untuk melakukan pengaturan sesi pada pelaksanaan geladi bersih ANBK tahun 2021. Semoga informasi ini bisa menjadi petunjuk yang bermanfaat bagi para proktor yang baru akan melakukan pengaturan sesi untuk pelaksanaan AKM/ANBK. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "Langkah-langkah Mengatur Sesi ANBK/AKM Tahun 2021"