Download Contoh LKPD PPG Daljab 2021 LENGKAP - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Contoh LKPD PPG Daljab 2021 LENGKAP

 

Sahabat sdnsobang1.com – Artikel kali ini terkait Contoh LKPD PPG Dalam Jabatan 2021 arsip admin yang telah melaksanakan PPG di Angkatan 4 Tahun 2021. Sebelumnya admin telah berbagi artikel terkait Materi Ajar PPG Lengkap. File tersebut bisa sahabat download di akhir postingan ini.

 

Download Contoh LKPD PPG Daljab 2021 LENGKAP

Lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga terbentuk interaksi efektif antara peserta didik dengan pendidik, dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik.

 

Manfaat LKPD

Achmadi 1996:35 menyebutkan penggunaan LKPD bermanfaat untuk: 1 Memberi pengetahuan, sikap dan keterampilan yang perlu dimiliki oleh peserta didik. 2 Mengecek tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah disajikan. 3 Mengembangkan dan menerapkan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara lisan. 17 4 Membantu peserta didik dalam memperoleh catatan materi yang dipelajari melalui kegiatan pembelajaran. Selain itu, Prastowo Khairunisa, dkk, 2016:285 menyebutkan bahwa terdapat 4 komponen penting yang menjadi tujuan penyusunan LKPD yaitu: 1 Menyajikan LKPD yang memudahkan peserta didik untuk berinteraksi dengan materi yang diberikan. 2 Menyajikan tugas-tugas yang meningkatkan penguasaan terhadap materi. 3 Melatih kemandirian belajar peserta didik. 4 Memudahkan pendidik dalam memberikan tugas kepada peserta didik.

 

Fungsi LKPD

Secara konseptual LKPD berperan dalam proses pembelajaran, selain merupakan media untuk melatih daya ingat peserta didik terhadap pelajaran yang diperoleh di kelas, LKPD juga merupakan media pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Penggunaan LKPD dalam pembelajaran fisika dapat membantu pendidik untuk mengarahkan peserta didiknya menemukan konsep-konsep atau teori fisika melalui pengalaman atau fenomena di kehidupan sehari-hari. Andi Prastowo 2011:205-206 menyebutkan bahwa LKPD memiliki fungsi sebagai berikut: 18 1 Sebagai bahan ajar yang bisa meminimalkan peran pendidik, namun lebih mengaktifkan peserta didik. 2 Sebagai bahan ajar yang mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang diberikan. 3 Sebagai bahan ajar yang ringkas dan kaya akan tugas untuk berlatih. 4 Memudahkan pelaksanaan pengajaran kepada peserta didik.

 

Kelebihan dan Kelemahan LKPD

Penggunaan LKPD sebagai pembelajaran berbasis cetakan memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan LKPD sebagai teks terprogram menurut Azhar Arsyad 2009:38 adalah: 1 Peserta didik dapat belajar dan maju sesuai dengan kecepatan masing-masing. 2 Di samping dapat mengulang materi dalam media cetakan, peserta didik akan mengikuti urutan pemikiran secara logis. 3 Perpaduan teks dan gambar dalam halaman cetak sudah merupakan hal yang biasa, hal ini dapat menambah daya tarik serta dapat memperlancar pemahaman informasi yang disajikan dalam dua format, verbal dan visual. 4 Peserta didik akan berpartisipasi dengan aktif karena harus memberi respon terhadap peryataan dan latihan yang disusun. Kelemahan LKPD sebagai media cetakan menurut Azhar Arsyad 2009:39 yaitu: 19 1 Tidak dapat menampilkan gerak dalam halaman media cetakan. 2 Biaya pencetakan akan mahal jika menampilkan ilustrasi, gambar atau foto yang berwarna-warni. 3 Pembagian unit-unit pelajaran dalam media cetakan harus dirancang sedemikian rupa sehingga tidak terlalu panjang dan peserta didik menjadi bosan.

 

Sebelum sahabat mendownload/unduh file pada blog sdnsobang1.com alangkah baiknya sahabat terlebih dahulu baca CARA DOWNLOAD, agar tidak salah mendapatkan file yang diinginkan.

 

Baiklah berikut dibawah ini link download Download Contoh LKPD PPG Daljab 2021 LENGKAP:

 

Untuk lebih jelasnya dan lengkapnya silahkan sahabat kujungi situs https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/ terkait LKPD, RPP dan lain-lain untuk kebutuhan PPG.

 

Demikian artikel kali ini terkait Download Contoh LKPD PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 LENGKAP arsip admin pribadi yang telah melaksanakan PPG Daring di Tahun 2020. Semoga ada manfaatnya dan terima kasih sudah berkunjung.


Posting Komentar untuk "Download Contoh LKPD PPG Daljab 2021 LENGKAP"