Cara Cetak Surat Mutasi Siswa Emis Tahun 2021/2022 dan Solusi Gagal Cetak - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cetak Surat Mutasi Siswa Emis Tahun 2021/2022 dan Solusi Gagal Cetak

 

sdnsobang1.comCara Cetak Surat Mutasi Siswa Emis Tahun 2021/2022 atau Cara untuk mencetak surat keterangan mutasi siswa Mts di aplikasi emis. Pada kesempatan kali ini sdnsobang1.com akan memberikan informasi sekaligus tutorial tentang bagaimana cara untuk bisa melakukan cetak surat mutasi siswa yang berasal dari sekolah naungan departemen agama seperti sekolah Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah.

 

Cara Cetak Surat Mutasi Siswa Emis Tahun 2021/2022 dan Solusi Gagal Cetak

Seperti kita ketahui Bersama bahwa di setiap Lembaga pendidikan saat ini sudah semuanya menggunakan aplikasi pendataan. Jika di sekolah negeri maupun swasta yang berada di bahwa naungan dinas pendidikan menggunakan aplikasi dapodik sebagai aplikasi pendataan maka di sekolah naungan departemen agama yaitu menggunakan aplikasi emis sebagai aplikasi pendataan.

 

Saat ini apabila ada siswa atau peserta didik yang bersekolah di sekolah naungan depag atau sekolah di naungan dinas pendidikan dan akan melakukan pindah sekolah maka peserta didik tersebut harus memiliki surat keterangan pindah atau surat keterangan mutasi dari sekolah asal sehingga nantinya bukti surat mutasi tersebut bisa menjadi dasar dan acuan bagi sekolah baru yang akan menerima siswa pindahan.

 

Pada postingan sebelumnya saya telah memberikan penjelasan tentang bagaimana cara untuk melakukan cetak surat mutasi atau surat pindah sekolah bagi siswa yang akan pindah sekolah pada aplikasi dapodik. Dan pada postingan ini sdnsobang1.com akan kembali memberikan informasi terbaru tentang bagaimana cara untuk melakukan cetak surat mutasi bagi siswa yang akan pindah sekolah pada sekolah yang berada di bawah naungan depag yang menggunakan aplikasi emis.

 

Jika anda adalah seorang operator pada sekolah MTs dan menggunakan aplikasi emis namun belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan cetak surat mutasi siswa di aplikasi emis maka anda perlu membaca dengan seksama postingan ini agar anda bisa mengetahui dan memahami cara mudah dalam melakukan cetak surat mutasi siswa di dalam aplikasi emis.

 

Saat ini masih banyak sekali sekolah yang melakukan proses perpindahan siswa dengan membuat surat keterangan mutasi atau pindah sekolah secara manual padahal kita ketahui besrama bahwa di aplikasi pendataan sekolah seperti pada aplikasi dapodik dan aplikasi emis disana telah di sediakan menu cetak surat mutasi bagi siswa yang akan melakukan pindah sekolah.

 

Baiklah agar tidak berlama-lama anda membaca postingan ini maka berikut ini sdnsobang1.com akan membagikan penjelasan atau tutorial tentang cara mudah melakukan cetak surat mutasi siswa di aplikasi emis:

1.    Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah silahkan anda Login ke website aplikasi emis versi terbaru dengan menggunakan akun lembaga masing-masing,

2.    Setelah berhasil login maka silahkan anda Klik menu Siswa

3.    Kemudian Pilih menu Mutasi

4.    Selanjutnya silahkan anda Pilih lagi “mutasi keluar “

5.    Kemudian Klik “BUAT SURAT KETERANGAN”

6.    Selanjutnya silahkan Ketikkan nama siswa yang akan dimutasi, NISN (otomatis terisi bagi yang ada NISN), TANGGAL PINDAH, dan ALASAN PINDAH, lalu silahkan centang kalimat "Saya, Staf Lembaga - Madrasah Tsanawiyah, bertanggung jawab atas pengeluaran surat keterangan mutasi secara penuh”.

7.    Kemudian klik Simpan.

8.    Apabila proses penyimpanan berhasil maka silahkan anda klik Pada nama siswa yang akan dimutasi, dan selanjutnya silahkan pilih "Cetak".

9.    Selesai.

 

Berikut ini sdnsobang1.com berikan contoh tampilan surat mutasi siswa dari aplikasi Emis sekolah Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah:

 

Cara Cetak Surat Mutasi Siswa Emis Tahun 2021/2022 dan Solusi Gagal Cetak
Contoh Surat Mutasi Siswa Aplikasi Emis

Pada hasil cetakan surat mutasi siswa nantinya pada bagian bawah hasil cetakan akan terlihat Nomor Dokumen Emis. Nomor tersebutlah yang nantinya akan di perlukan oleh Madrasah yang akan menerima siswa pindahan tersebut jika siswa tersebut akan pindah ke sekolah madrasah lainnya, namun jika siswa tersebut ternyata nantinya akan pindah kesekolah naungan dinas pendidikan maka surat mutasi tersebut juga wajib dilampirkan saat akan mendaftar di sekolah yang menggunakan aplikasi dapodik.

 

Demikianlah informasi mengenai Cara Cetak Surat Mutasi Siswa Emis Tahun 2021/2022 atau cara mudah untuk melakukan cetak surat mutasi pada aplikasi emis untuk siswa madrasah, semoga dengan adanya postingan ini maka bisa membantu para operator emis yang akan melakukan cetak surat mutasi untuk siswa madrasah yang akan pindah sekolah. Sekian dan Terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk " Cara Cetak Surat Mutasi Siswa Emis Tahun 2021/2022 dan Solusi Gagal Cetak"