Cara Mengakses Aplikasi UT Praktik Praktikum Mahasiswa di praktik.ut.ac.id - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengakses Aplikasi UT Praktik Praktikum Mahasiswa di praktik.ut.ac.id


Sahabat sdnsobang1.com – Berikut Cara Mengakses (Panduan) Aplikasi UT Praktik/Praktikum Mahasiswa di praktik.ut.ac.id Universitas Terbuka.

Sebelumnya admin telah berbagi postingan terkait CARA UNGGAH JAWABAN TMK (TUGAS MATA KULIAH) UNIVERSITAS TERBUKA. Kali ini admin update kembali masih terkait kegiatan untuk Mahasiswa UT. 



Untuk dapat mengunggah  laporan  praktik/praktikum,  langkah  pertama  yang  harus  dilakukan mahasiswa  adalah  mengakses  Aplikasi  Praktik/Praktikum  dengan  mengetik htpp://praktik.ut.ac.id pada alamat mesin pencarian (browser) internet Google Chrome versi terbaru terlebih dahulu.   

 

Selanjutnya, untuk  dapat  masuk  ke  dalam  Aplikasi  Praktik/Praktikum  mahasiswa  harus melakukan login terlebih dahulu.

Untuk melakukan login mahasiswa dapat melakukan langkah sebagai berikut.

 

A. CARA LOGIN

1.    Isi kotak Username dengan NIM mahasiswa. Contoh Username: 012982543

2.    Isi kotak Password dengan tanggal lahir mahasiswa dengan format ddmmyyyy (8 digit).

Contoh Password untuk  mahasiswa  yang  tanggal  lahirnya  24  November  1981  adalah 24111981.

3.    Setelah kotak Username dan Password terisi, klik tombol “Login”

 

 

B. CARA UBAH PASSWORD

Mengingat password bersifat rahasia dan tanggung jawab atas password tersebut melekat pada mahasiswa, maka setelah mahasiswa berhasil login dan masuk ke Aplikasi Praktik/Praktikum mahasiswa diminta melakukan Ubah Password. 



Langkah Ubah Password adalah sebagai berikut.

1.    Klik  tanda  (KOTAK EMPAT) yang  terletak  pada  bagian  kanan  atas  tampilan  halaman  awal  (Home) Aplikasi Praktik/Praktikum. 

 

2.    Isi kotak Password Lama dengan NIM mahasiswa (untuk ubah password pertama kali).

 

3.    Isi kotak Password Baru dengan  huruf/angka/karakter  yang  berbeda  dengan  password lama.

 

4.    Isi kotak Konfirmasi Password dengan huruf/angka/karakter yang sama dengan isian pada kotak Password Baru (ulangi Password Baru). 

 

5.    Klik tombol Simpan.

 

6.    Jika  perubahan  password  berhasil  maka  akan  muncul  kotak  dialog  “Password  anda berhasil diubah.” Selanjutnya klik tombol OK pada kotak dialog tersebut. 


7.    Dengan perubahan password ini, mahasiswa tidak dapat menggunakan kembali password lama dan harus menggunakan password baru ini untuk masuk Aplikasi Praktik/Praktikum pada waktu berikutnya.

 

 

D. CARA UNGGAH LAPORAN

Setelah mahasiswa berhasil login dan masuk ke Aplikasi Praktik/Praktikum, mahasiswa akan melihat tampilan halaman Unggah Laporan Praktik/Praktikum. 


Pada halaman Unggah Laporan Praktik/Praktikum tersebut akan muncul data NIM/Nama Mahasiswa, Kode/Nama Program Studi,  Kode/Nama  UPBJJ,  dan  Daftar  Kode/Nama Mata Kuliah Praktik/Praktikum yang diregistrasikan mahasiswa. 

 

Selanjutnya untuk dapat mengunggah laporan praktik/praktikum mahasiswa dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

1.    Sebelum  mahasiswa  mengunggah  laporan  sesuai  mata  kuliah  yang  telah  diregistrasikan, mahasiswa harus menyiapkan laporan akhir praktik/praktikum dalam bentuk satu file PDF dengan ukuran maksimal 5 MB. 

 

2.    Selanjutnya klik Unggah Laporan pada kolom Aksi sesuai dengan mata kuliah yang akan diunggah laporan praktik/praktikumnya.

 


3.    Setelah  muncul  kotak  dialog  Unggah  Laporan  Praktik/Praktikum  klik  Pilih  File  atau Choose File atau Browse. 


4.    Setelah  muncul  kotak  dialog  File  Explorer,  klik  file  laporan  praktik/praktikum  (dalam bentuk file PDF maksimal berukuran 5 MB) yang akan diunggah, kemudian klik tombol Buka atau Open pada bagian bawah kotak dialog File Explorer.  


5.    Setelah nama file laporan praktik/praktikum yang akan diunggah muncul pada kotak Pilih File atau Choose File atau Browse, klik tombol Unggah Laporan. 


6.    Untuk  memastikan  file  laporan  praktik/praktikum  sudah  benar,  mahasiswa  dapat  melihat tampilan  file  yang  telah  diunggah  pada  kotak  di  bawah  tempat  unggah  laporan praktik/praktikum. 


7.    Jika tampilan file yang telah diunggah tidak sesuai dengan file yang seharusnya diunggah, maka mahasiswa dapat mengunggah ulang file tersebut dengan mengulangi Langkah D.3.  

 

8.    Jika tampilan file yang telah diunggah sudah sesuai dengan file yang seharusnya diunggah, maka  mahasiswa  dapat  melanjutkan  mengunggah  ulang  file  laporan  praktik/praktikum untuk  mata  kuliah  lainnya  dengan  mengulangi Langkah  D.2  sampai  dengan  Langkah D.6 hingga laporan praktik/praktikum seluruh mata kuliah yang diregistrasikan.

 

9.    Setelah  laporan  praktik/praktikum  yang  diunggah  mahasiswa  telah  divalidasi  oleh Tutor/Pembimbing/Instruktur/Supervisor/Pemeriksa,  mahasiswa  tidak  dapat mengunggah  ulang  laporan  praktik/praktikum.  Oleh  karena  itu  setelah  mahasiswa mengunggah  file  laporan  praktik/praktikum,  pastikan  bahwa  file  laporan praktik/praktikum tersebut telah sesuai.  

 

 

Bagi sahabat Bapak/Ibu Guru yang membutuhkan Panduan Cara Mengakses Aplikasi UT Praktik Praktikum Mahasiswa di praktik.ut.ac.id file PDF, silahkan unduh melalui tautan link dibawah ini:

 

Demikian informasi kali ini terkait Cara Mengakses Aplikasi UT Praktik Praktikum Mahasiswa di praktik.ut.ac.id, semoga ada manfaatnya dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "Cara Mengakses Aplikasi UT Praktik Praktikum Mahasiswa di praktik.ut.ac.id"