Juknis Sulingjar untuk Dikdasmen 2023 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Juknis Sulingjar untuk Dikdasmen 2023

 

Sahabat sdnsobang1.com – Download Juknis Sulingjar Dikdasmen Tahun 2023. Melengkapi POS Asesmen Nasional 2023 yang telah dirilis, Pusat Asesmen Pendidikan menerbitkan juga Petunjuk Teknis Survey Lingkungan Belajar untuk Pendidikan Dasar dan Menengah atau Juknis Sulingjar Dikdasamen Tahun 2023.

 


Sesuai namanya, Juknis Sulingjar Dikdasmen Tahun 2023 ini berisikan serangkai pedoman dan acuan teknis terkait dengan persiapan, pelaksanaan, dan pasca pelaksanaan Survey Lingkungan Belajar. Juknis ini dapat digunakan oleh pelaksana di tingkat pusat, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek, pelaksana di tingkat provinsi, pelaksana di tingkat kabupaten/ kota, serta pelaksana di tingkat Satuan Pendidikan. Tentunya agar pelaksanaan Sulingjar berjalan dengan baik dan lancar.

 

Sulingjar atau Survey Lingkungan Belajar adalah pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada Satuan Pendidikan. Sulingjar dilaksanakan dengan memanfaatkan komputer, gawai, dan perangkat elektronik lainnya secara daring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal.

 

Sulingjar juga sebagai alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan Satuan Pendidikan.

 

Dalam pelaksanaannya, Sulingjar dibagi dalam dua kelompok.

  • Sulingjar untuk Pendidik dan Kepala Satuan Pendidikan, dan
  • Instrumen Sulingjar untuk peserta didik.

 

Jadwal pelaksanaan Sulingjar untuk peserta didik menyesuaikan dengan jadwal pelaksanaan AN dengan mekanisme pengerjaannya mengikuti moda pelaksanaan AN di masing-masing Satuan Pendidikan.

 

Sedangkan jadwal pelaksanaan Sulingjar untuk Pendidik dan Kepala Satuan Pendidikan lebih fleksibel dan diberikan alokasi waktu yang lebih panjang (± dua minggu) dengan mekanisme pengerjaan secara daring tanpa pengawasan dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang terdapat akses internet.

 

Dalam Juknis Sulingjar Dikdasmen ini selain menguraikan tentang apa dan bagaimana Survey Lingkungan Belajar secara umum, juga tentunya membahas terkait pedoman dan acuan teknis terkait Survey Lingkungan Belajar. Baik selama persiapan Sulingjar, saat pelaksanaan sulingjar, ataupun setelah atau pasca pelaksanaan Sulingjar.

 

Selengkapnya terkait dengan Juknis Sulingjar Dikdasmen Tahun 2023 sila baca dan unduh dokumen resminya melalui tombol download di bawah ini.

 

Tentu sangat disarankan bagi semua pihak, termasuk satuan pendidikan (sekolah dan madrasah) agar memahami Juknis Sulingjar Dikdasmen Tahun 2023 ini. Tentunya sebagai acuan teknis demi berlangsungnya Survey Lingkungan Belajar yang baik dan sukses.


Berikut Tutorial Cara Pembaruan akun SDM Satuan Pendidikan, Pembaruan Profil, Pembaruan Email, Unggah SK Operator, SK Yayasan dan Aktivasi Email, dibawah ini:

 

Demikian artikel kali ini terkait Juknis Sulingjar Dikdasmen Tahun 2023 yang bisa admin bagikan, semoga ada manfaatnya dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "Juknis Sulingjar untuk Dikdasmen 2023"