PEMBARUAN/UPDATE APLIKASI RKAS VERSI 2.05 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PEMBARUAN/UPDATE APLIKASI RKAS VERSI 2.05


Pada postingan sebelumnya admin berbagi informasi terkait Update Aplikasi RKAS 2.04, pada  kesempatan kali ini admin akan kembali memberikan informasi ter-UPDATE yakni tentang pembaruan pada Aplikasi RKAS dari Aplikasi RKAS (ARKAS) versi 2.04 ke versi 2.05.

 

PEMBARUAN/UPDATE APLIKASI RKAS VERSI 2.05

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) merupakan sistem yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan input RKAS oleh Tim BOS sekolah.

 

Berdasarkan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler, melakukan input ARKAS pada sistem yang telah disediakan oleh Kementerian merupakan salah satu tugas dan tanggungjawab tim BOS sekolah. Selain itu untuk melakukan proses input RKAS pada periode anggaran tahun 2020, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah merilis ARKAS Versi 2.05.

 

Sebelum rekan-rekan melakukan pembaruan Aplkasi RKAS versi 2.05 ada baiknya simak dulu pembaruan apa saja yang ditawarkan Aplikasi RKAS (ARKAS) 2.04 ini, berikut detail pembaruannya:

1.        Perbaikan tahap terima sebelum

2.        Perbaikan tutup BKU

3.        Perbaikan perhitungan pajak

4.        Penambahan pengecekan jumlah pergeseran pada saat pengesahan

5.        Perbaikan resset password

6.        Perbaikan Report penggunaan persemester

7.        Perbaikan Report tanggal report tidak sesuai

8.        Perbaikan jumlah anggaran per akun pada kertas kerja

9.        Penambahan Report penggunaan Per tahap

10.     Penambahan Report Belanja Modal

11.     Penambahan Report Belanja Habis Pakai

12.     Penambahan Report SPTJM

13.     Penambahan Report Rincian Objek Belanja

14.     Penutupan cetak SPTMH

15.     Penggabungan cetak BKU, Pembantu Bank, Pembantu Tunai, dan Pembantu Pajak

 

PEMBARUAN/UPDATE APLIKASI RKAS VERSI 2.05


Pembaruan yang paling menonjol pada updater aplikasi ARKAS versi 2.05 adalah adanya fasilitas reset data sekolah pada Manajemen RKAS, fitur tersebut untuk mereset data (hapus semua anggaran dan BKU). setelah direset sekolah bisa melakukan syncronisasi kembali, fitur keamanan ini digunakan untuk menghindari adanya pengguna Aplikasi yang tidak bertanggung jawab.

 

Bagaiman cara mengunduh dan menginstalasi Aplikasi RKAS 2.05???

Pembaruan/Update Aplikasi RKAS Versi 2.05 bisa dilakukan dengan 2 (dua) cara, yakni:

1.     Rekan-rekan dapat mengunduhnya secara manual pada alamat berikut: (http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download),

Manfaat bagi yang melakukan update aplikasi Arkas versi 2.05 secara manual memberikan kemudahan penguna aplikasi RKAS, terutama untuk daerah yang memiliki jaringan atau koneksi internet yang lambat atau kurang stabil, admin rekomendasikan melakukan pembaruan/updater menggunakan aplikasi RKAS secara manual.

2.    Selain itu rekan-rekan juga dapat melakukan pembaruan secara otomatis dengan menggunakan fitur autoupdate yang terdapat pada aplikasi RKAS sebelumnya atau bisa langsung rekan-rekan unduh file Setup ARKAS 2.05 [DISINI]

 

TONTON VIDEO TUTORIAL UPDATE ARKAS 2.05: https://youtu.be/IxFk-jKBXaU

 

CARA UPDATE TERBAIK: Harap Menggunakan Menu Utilitas yang terdapat pada Aplikasi RKAS (Menu Update Otomatis) dengan syarat perangkat kita harus terkoneksi dengan internet.

 

PERLU DIINGAT: Username, Password dan Kode Aktivasi Sekolah jangan sampai lupa atau hilang, simpan dengan baik.

 

Catatan: Sebelum menginstal/memasang updater aplikasi RKAS Versi 2.05 rekan-rekan harus memastikan sudah memiliki Aplikasi RKAS Versi 2.04 instaler atau sudah terpasang Aplikasi RKAS Versi sebelumnya.

 

Menggunakan aplikasi RKAS terbaru sudah pasti pekerjaan rekan-rekan operator akan semakin mudah, dan akan selesai sesuai dengan target penyelesaian Aplikasi RKAS pada satuan pendidikannya masing-masing. Terutama pada sekolah-sekolah yang menerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler tahun 2020 ini.

 

Demikian admin sampaikan tentang informasi Pembaruan/Update Aplikasi RKAS (ARKAS) versi 2.05, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung

Posting Komentar untuk "PEMBARUAN/UPDATE APLIKASI RKAS VERSI 2.05 "