POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2021 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2021

 

Sahabat sdnsobang1.com  Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan Akreditasi Sekolah / Madrasah Tahun 2021 merupakan Prosedur Operasional Standar digunakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) untuk melaksanakan akreditasi Sekolah/Madrasah dengan syarat kepengurusan BAN-S/M sesuai dengan Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah dan peraturan perundangan yang berlaku.

 


Pada tahun 2021 BAN-S/M telah menetapkan kuota sebanyak 10.449 sekolah/madrasah sebagai sasaran visitasi yang jumlahnya telah ditetapkan untuk setiap provinsi. Pelaksanaan akreditasi tahun ini menggunakan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 yang perlu disosialisasikan pada sekolah/madrasah yang menjadi sasaran visitasi.

Untuk pengumpulan informasi tentang sekolah/madrasah yang menjadi sasaran, BAN-S/M menggunakan Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena-S/M) yang sudah terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud dan Education Management Information System (EMIS) Kemenag. Sispena-S/M akan menjadi pintu gerbang pertama untuk masuk dalam proses akreditasi sekolah/madrasah.

Pelaksanaan akreditasi tahun ini baik tingkat SD SMP SMA SMK menggunakan instrumen baru IASP 2020. Untuk sasaran sekolah/ madrasah pada setiap provinsi sudah ditentukan berdasarkan hasil akreditasi sebelumnya yang mempunyai peringkat A, B, C, dan TT.

Sekolah/madrasah dapat diakreditasi apabila telah mengisi Data Isian Akreditasi (DIA) melalui Sispena-S/M. Kegiatan Pengisian DIA dilakukan oleh sekolah/madrasah dalam kurun waktu yang telah ditetapkan oleh BAN-S/M Provinsi. Bagi sekolah/madrasah yang melakukan akreditasi wajib mengajukan reakreditasi dan mengisi DIA paling lambat 6 (enam) bulan sebelum masa berlaku sertifikatnya berakhir.


BACA JUGA:

Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2021

 

WAKTU DAN TEMPAT

1.    Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh BAN-S/M Provinsi dilaksanakan selama 1 (satu) atau 2 (dua) hari secara daring.

2.    Kegiatan Pengisian DIA dilakukan oleh sekolah/madrasah melalui aplikasi Sispena-S/M dalam kurun waktu yang telah ditetapkan oleh BAN-S/M Provinsi.

 

DOKUMEN YANG DIPERLUKAN

1.    BAN-S/M Provinsi.

a.     Kuota dan daftar sekolah/madrasah yang memenuhi syarat untuk diakreditasi.

b.     Petunjuk penggunaan Sispena-S/M.

c.     IASP2020.

2.    Disdik Provinsi, Kanwil Kemenag, Disdik Kabupaten/Kota, dan KanKemenag dan KPA-S/M.

a.     Daftar sekolah/madrasah yang memenuhi syarat untuk diakreditasi.

b.     Petunjuk penggunaan Sispena-S/M.

c.     IASP2020.

3.    Sekolah/Madrasah.

a.     Petunjuk penggunaan Sispena-S/M.

b.     IASP2020.

c.     Dokumen yang diperlukan di IASP2020.

 

HASIL

1.    Tersampaikannya informasi sekolah/madrasah yang memenuhi persyaratan untuk diakreditasi pada tahun 2021.

2.    Tersosialisasikannya IASP2020 dan proses pelaksanaan akreditasi di tahun 2021.

3.    Terinformasikannya pengisian DIA melalui Sispena-S/M.

4.    Terinformasikannya batas waktu pengisian DIA oleh sekolah/madrasah.

5.    Terisikannya DIA oleh sekolah/madrasah dengan batas waktu yang telah ditetapkan oleh BAN-S/M Provinsi.

 

Selengkapnya, silahkan yang ingin mendownload POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2021 bisa melalui tautan link dibawah ini;

 

Sahabat juga bisa langsung download/unduh POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2021 pada laman resminya di: https://bansm.kemdikbud.go.id/unduh/

 

Demikianlah artikel terkait Prosedur Operasional Standar Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2021 yang dapat di bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2021"