Contoh Soal AKM SD dan Pembahasan 2021 ©️ www.sdnsobang1.com - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal AKM SD dan Pembahasan 2021 ©️ www.sdnsobang1.com

 

Sahabat sdnsobang1.com – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk SD, SMP dan SMA sederajat akan segera dilaksakan, banyak tentu hal yang perlu disiapkan mengingat ini adalah pertama kalinya.

 

Contoh Soal AKM SD dan Pembahasan 2021 ©️ www.sdnsobang1.com

Nah maka dari itu mas Hakim akan membagikan file AKM untuk guru-guru atau siswa untuk belajar dari rumah dan sekolah agar saat menjalani AKM bisa lancar dan mampu mengerjakan setiap butir soal AKM.

 

Sebelum membagikan soal AKM, ada baiknya mas Hakim memperkenalkan penjelasan terakit AKM (asesmen kompetensi mininum itu, agar seperti pepatah tak kenal maka tak sayang, maka perlu kenalan dulu.

 

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

 

Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM:

1)    Literasi membaca, dan

2)    Literasi matematika (numerasi).

 

Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi.

 

AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya.

 

AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

 

Literasi

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

 

Numerasi

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

 

Pedoman Pembelajaran Untuk Guru dan SiswaTersedia lebih dari 400 contoh soal, yang dapat digunakan oleh Guru maupun Siswa secara langsung.

Materi

Numerasi

Bilangan, Geometri dan Pengukuran, Aljabar, Data dan Ketidakpastian

 

Literasi Teks Fiksi

Menemukan Informasi, Memahami, Mengevaluasi dan merefleksi

 

Literasi Teks Informasi

Menemukan Informasi, Memahami, Mengevaluasi dan merefleksi

 

Nah untuk file soal AKM bisa bapak ibu guru , siswa-siswi dan sahabat semua download/unduh melalui tautan link di bawah ini: 

 

Demikian informasi terkait Contoh Soal AKM SD dan Pembahasan 2021 untuk bapak ibu guru dan siswa-siswi, semoga konten kali ini bermanfaat bagi semuanya, mohon doanya agar usaha Mas Hakim lancar sampai ke tujuan. Terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "Contoh Soal AKM SD dan Pembahasan 2021 ©️ www.sdnsobang1.com"