Begini Cara Cek Penerima Diskon Listrik PLN Oktober 2021 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Begini Cara Cek Penerima Diskon Listrik PLN Oktober 2021

 

sdnsobang1.com – Sebelumnya admin telah berbagi artikel terkait Cara cekbansos.kemensos.go.id untuk Bantuan PKH. Kali ini admin update artikel masih terkait bantuan/subsidi yaitu Cara Cek Penerima Diskon Listrik PLN Oktober 2021.

Begini Cara Cek Penerima Diskon Listrik PLN Oktober 2021


Admin kutip dari laman KOMPAS.com – Pemerintah diketahui telah memperpanjang subsidi atau diskon listrik hingga Desember 2021.

Subsidi atau diskon listrik ini diberikan kepada pelanggan listrik rumah tangga 450-900 VA, bisnis, dan industri kecil.

Melansir Antara, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari mengatakan, subsidi listrik termasuk pembebasan biaya beban abodemen dan penerapan ketentuan rekening minimum kepada pelanggan sosial, industri, dan pelayanan.


Baca juga: Cara cekbansos.kemensos.goid untuk Bantuan PKH


Lantas bagaimana cara untuk mendapatkan diskon listrik PLN?

Cara cek penerima diskon listrik PLN Oktober 2021 Terlebih dahulu, pelanggan dapat mengecek apakah dirinya termasuk sebagai penerima diskon listrik PLN atau tidak.


Adapun cara untuk melakukan pengecekan yakni sebagai berikut:

 

Buka website https://portal.pln.co.id/ seperti pada gambar dibawah

Portal PLN


Klik "Diskon Stimulus Covid-19"

Masukkan nomor ID Pelanggan PLN dan kode captcha.

Klik "Cari"

Setelah itu, masukkan nomor KTP, nama lengkap sesuai KTP, alamat lengkap sesuai KTP, dan kode captcha.

Klik "Simpan"

Cek Penerima Diskon Listrik PLN

 

Nantinya bila pelanggan termasuk dalam kategori penerima diskon listrik maka akan muncul keterangan besaran diskon yang diberikan.

Sedangkan bila pelanggan tidak termasuk dalam kategori penerima diskon listrik, nantinya akan muncul pemberitahuan bahwa pelanggan tak mendapat diskon.

Adapun untuk penyaluran bagi pelanggan pascabayar, diskon akan langsung memotong tagihan rekening listrik.

Sedangkan untuk pelanggan prabayar, diskon diberikan saat membeli token listrik.

"Untuk pelanggan prabayar daya 450 VA, tidak perlu lagi mengakses token, baik di website maupun layanan Whatsapp Stimulus akan langsung di dapat saat membeli token listrik," ucap Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril sebagaimana dikutip dari pemberitaan Kompas.com, 24 Juli 2021.

Sedangkan khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen dan pebebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri.

Potongan sebesar 50 persen nantinya hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

 

Yang berhak menerima stimulus subsidi listrik:

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kriteria stimulus subsidi listrik diberikan kepada beberapa golongan pelanggan PLN, yakni:

1.    450 VA Untuk diskon listrik 450 Volt Ampere (VA) nantinya diberikan kepada pelanggan golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA.

 

2.    900 VA bersubsidi Stimulus berikutnya diberikan kepada pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi. Diskon yang diberikan sebesar 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

 

3.    Pembebasan biaya abonemen Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.


Baca Juga: Lowongan BRI BRILian Internship Program

 

Demikian artikel kali ini terkait Cara Cek Penerima Diskon Listrik PLN Oktober 2021 yang admin kutip dari laman KOMPAS.COM semoga ada manfaatnya dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "Begini Cara Cek Penerima Diskon Listrik PLN Oktober 2021"