Juknis Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2022 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Juknis Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2022

 

Sahabat sdnsobang1.comDownload Persesjen Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Juknis Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2022. Pada Kesempatan kali ini admin update artikel kembali yaitu terkait Juknis Penulisan Ijazah merujuk pada Persesjen No 1 Tahun 2022.

 

Juknis Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2022

Ijazah diberikan kepada peserta didik sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan/atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan. Untuk menjamin ketertiban dan keserasian dalam penerbitan ijazah oleh satuan pendidikan bagi peserta didik, perlu diatur spesifikasi teknis, bentuk, dan tata cara pengisian blangko ijazah.

 

Hal tersebut tertuang dalam Persesjen Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Spesifikasi Teknis & Bentuk, Serta Tata Cara Pengisian, Penggantian & Pemusnahan Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2021/2022.


Petunjuk Umum Pengisian Blangko Ijazah Tahun 2022

Berikut ini merupakan petunjuk umum pengisian blangko ijazah SD, SMP, SMA, SMK Sederajat adalah sebagai berikut.

1.    Ijazah diterbitkan oleh Satuan Pendidikan yang bersangkutan.

2.    Ijazah terdiri dari 2 muka dicetak bolak-balik. Pada halaman depan berisi identitas dan redaksi, sedangkan pada halaman belakang berisi daftar nilai beserta nama mata pelajaran.

3.    Khusus daftar nilai dan nama mata pelajaran pada halaman belakang blangko Ijazah SMK dicetak oleh satuan pendidikan, sedangkan untuk kolom nilai dapat dicetak atau ditulis tangan.

4.    Mata pelajaran pada huruf c sesuai kurikulum 2013, kecuali untuk SPK hanya berisi mata pelajaran wajib.

5.    Ijazah Satuan Pendidikan diisi oleh panitia penulisan Ijazah yang dibentuk dan ditetapkan oleh Kepala Sekolah/Kepala SKB/Ketua PKBM.

6.    Pengisian Ijazah menggunakan tulisan tangan dengan tulisan huruf yang benar, jelas, rapi, bersih, dan mudah dibaca, menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus.

7.    Jika terjadi kesalahan dalam pengisian Ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau dihapus, melainkan harus diganti dengan Blangko Ijazah yang baru, untuk itu perlu kehati-hatian dalam penulisan.

8.    Ijazah yang mengalami kesalahan pengisian disilang dengan tinta warna hitam pada kedua sudut yang berlawanan pada halaman depan dan belakang.

9.    Satuan pendidikan, dinas pendidikan kabupaten/kota/ provinsi tidak diperkenankan untuk menahan atau tidak memberikan Ijazah kepada pemilik Ijazah yang sah dengan alasan apapun.

10.  Siswa pemilik Ijazah yang sudah pindah domisili, dapat mengambil Ijazah ke satuan pendidikan yang menerbitkan.

 

Berikut admin tampilkan Persesjen Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Juknis Penulisan Ijazah SD SMP SMA SMK Tahun 2022 via Google Drive:

 

Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silahkan Unduh Persesjen Nomor 1 Tahun 2022 tentang Juknis Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2022 pada tautan berikut:

 

Demikian informasi terkait Persesjen Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Juknis Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2022 yang bisa admin bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "Juknis Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2022"