SE KSN Jenjang SMA/MA Tahun 2022 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

SE KSN Jenjang SMA/MA Tahun 2022

 

Sahabat sdnsobang1.com – Download Surat Edaran Tentang Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah (KSN-S) dan Registrasi KSN-K Jenjang SMA / MA Tahun 2022. Surat Edaran Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Pusat Prestasi Nasional Nomor: 0231/J3/DM.02.00/2022 tanggal 17 Februari 2022 Perihal Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah (KSN-S) dan Registrasi KSN-K Jenjang SMA/MA tahun 2022, yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Seluruh Indonesia dan Direktur KSKK Madrasah Dirjen Pendis.

 

Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah (KSN-S) dan Registrasi KSN-K
Jenjang SMA/MA Tahun 2022

Selengkapnya berikut Isi Surat tersebut dibawah ini:

Dengan hormat kami beritahukan bahwa sebagai tahap seleksi awal Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SMA/MA tahun 2022 yang akan diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi maka akan dilaksanakan Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah (KSN-S). Pelaksanaan KSN-S ini dilakukan oleh masing-masing sekolah yang hendak mengirimkan perwakilan siswanya untuk mengikuti tahapan-tahapan seleksi KSN ke tingkat selanjutnya yaitu Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K), Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P), Kompetisi Sains Nasional (KSN), dan Olimpiade Sains Tingkat Internasional. 

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami mohon perkenan Bapak/Ibu untuk dapat menginformasikan kepada sekolah yang ada di Wilayah Bapak/Ibu untuk dapat melaksanakan KSN-S pada tanggal 23 s.d. 25 Februari 2022. Persyaratan siswa yang dapat mengikuti KSN-S sebagaimana daftar terlampir. Selanjutnya ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan sebagai berikut:

 

Hasil seleksi di ambil 5 (lima) peserta terbaik dari masing-masing bidang;

Peserta yang lolos seleksi KSN-S dapat melakukan pendaftaran langsung ke Pusat Prestasi Nasional tanggal 1 sd 19 Maret 2022 melalui laman  sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ksn.

Tata cara pendaftaran akan disosialisasikan melalui Web dan IG Pusat Prestasi Nasional di awal bulan Maret ( catatan: peserta wajib mengisi data pribadi dengan valid dan kontak person perserta yang terintegrasi dengan layanan whatshapp dan telegram);

Pendaftaran peserta bisa di setujui Kepala Sekolah/Proctor sekolah melalui laman sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ksn;

Operator Dinas Pendidikan Provinsi bisa mengetahui pendaftar peserta KSN-K melalui laman sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ksn

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung KSN, nomor kontak 081272376029 dan 081310784405. Layanan hanya dalam bentuk pesan singkat chat.

Atas perhatian dan kerja sama Saudara, kami sampaikan terima kasih.

 

PERSYARATAN PESERTA KSN-S SMA/MA 2022

Berikut adalah persyaratan peserta ksn sma/ma tingkat sekolah tahun 2022:

A. Persyaratan Umum

·      Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan dokumen resmi seperti Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor.

·      Berminat dan memenuhi syarat minimal pengetahuan yang dinyatakan dalam bentuk nilai dari bidang sains yang dipilih.

·      Mendapat persetujuan dari orang tua/wali, dan bila peserta memiliki kebutuhan khusus berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.

·      Setiap peserta didik hanya dapat mengikuti salah satu bidang sains dan diusulkan oleh Kepala Sekolah berdasarkan hasil seleksi tingkat sekolah.

·      Belum pernah meraih medali emas KSN jenjang SMA di bidang sains yang sama.

·      Belum pernah mengikuti kompetisi sains tingkat internasional jenjang SMA di bidang sains yang sama

·      Peraih medali KSN bersedia mengikuti pembinaan ke tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

·      Untuk beberapa bidang sains, peserta didik yang pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional dapat langsung mengikuti KSN dengan merujuk kepada persyaratan khusus sesuai pada bidang sains masing-masing.

·      Untuk peserta yang mengalami pindah sekolah ke kabupaten/kota dan/atau provinsi lain, status kepesertaannya tetap didasarkan pada surat keputusan Dinas Pendidikan Provinsi sebelumnya.

·      Memiliki nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran dan memiliki sikap yang baik.

·      Mampu mengoperasikan komputer

·      Tidak terlibat dan/atau memakai narkoba dibuktikan dengan surat keterangan dari pejabat yang berwenang (Kepala Sekolah).

 

B. Persyaratan Khusus Peserta

Berikut adalah persyaratan khusus peserta sesuai bidang lomba:

1. Matematika

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas VIII peraih medali emas KSN SMP bidang Matematika, Siswa SMP/MTS kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b.    Memiliki nilai Matematika (wajib dan peminatan) tidak kurang dari 80.

c.     Peserta Didik yang pernah mengikuti pembinaan/ pelatihan nasional Tahap ke-1 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional pada tahun sebelumnya dapat langsung mengikuti KSN-P.

 

2. Fisika

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI

b.    Untuk peserta didik SMP/MTs memiliki nilai IPA, Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80

c.     Untuk peserta didik SMA/MA memiliki nilai Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80

d.    Belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional tahap ke-2 bidang Fisika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

 

3. Kimia

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b.    Memiliki nilai IPA untuk SMP/MTs tidak kurang dari 80.

c.     Memiliki nilai Kimia untuk SMA/MA tidak kurang dari 80.

d.    Memiliki nilai Matematika dan Bahasa Inggris tidak kurang dari 80.

e.    Belum pernah mengikuti pembinaan/pelatihan nasional tahap ke-2 Bidang Kimia yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

 

4. Informatika/Komputer

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas VIII atau IX, SMA/MA kelas X atau XI.

b.    Memiliki nilai Matematika (wajib dan peminatan) tidak kurang dari 80.

c.     Belum pernah mengikuti pembinaan/pelatihan nasional Bidang Informatika/Komputer yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

 

5. Biologi

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas VIII atau IX, SMA/MA kelas X atau XI.

b.    Memiliki nilai IPA dan Bahasa Inggris untuk SMP/MTs tidak kurang dari 80.

c.     Memiliki nilai Biologi & Bahasa Inggris untuk SMA/MA tidak kurang dari 80.

d.    Peserta didik hanya diperbolehkan mengikuti KSN maksimal sebanyak 2 kali.

 

6. Astronomi

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas IX dan peserta didik SMA/ MA kelas X dan XI.

b.    Memiliki nilai IPA dan Bahasa Inggris untuk SMP/MTs tidak kurang dari 80.

c.     Memiliki nilai Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80.

d.    Belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional bidang Astronomi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

e.    Tidak buta warna yang dibuktikan dengan Surat Keterangan bebas buta warna dari dokter.

f.      Mampu melakukan kegiatan praktik di lapangan.

 

7. Ekonomi

a.    Peserta didik SMA/MA kelas X dan XI.

b.    Memiliki nilai Ekonomi, Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80.

c.     Peserta didik yang pernah mengikuti pembinaan/pelatihan nasional dalam rangka seleksi kandidat IEO, apabila hendak mengikuti KSN, memulainya sejak KSN jenjang Kabupaten/Kota.

 

8. Kebumian

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas IX yang pada tahun berjalan KSN bulan Juni/Juli kelas X, SMA/MA kelas X dan XI

b.    Memiliki nilai IPA atau IPS dan bahasa Inggris untuk SMP/MTs masing-masing tidak kurang dari 80.

c.     Memiliki nilai Matematika, Fisika atau Geografi, dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80.

d.    Peserta Didik yang pernah mengikuti pembinaan Tahap ke-1 tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional pada tahun 2021 dapat langsung mengikuti KSN-P.

e.    Tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari dokter.

f.      Mampu melakukan kegiatan praktik lapangan.

 

9. Geografi

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b.    Peserta didik SMP/MTs yang memiliki nilai IPA , IPS atau Matematika dan Bahasa Inggris tidak kurang dari 80.

c.     Peserta didik SMA/MA yang memiliki nilai Matematika atau Fisika, Biologi atau Geografi (wajib atau peminatan), dan Bahasa Inggris masing- masing minimal 80.

d.    Belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional bidang Geografi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

e.    Tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Bebas Buta Warna dari dokter.

f.      Mampu melakukan kegiatan praktik lapangan.

 

Berikut admin tampilkan Surat Edaran Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Pusat Prestasi Nasional Nomor: 0231/J3/DM.02.00/2022 tanggal 17 Februari 2022 Perihal Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah (KSN-S) dan Registrasi KSN-K Jenjang SMA/MA tahun 2022, melalui google drive dibawah ini:


 

Bagi sahabat sdnsobang1.com yang membutuhkan file pdf Surat Edaran Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Pusat Prestasi Nasional Nomor: 0231/J3/DM.02.00/2022 tanggal 17 Februari 2022 Perihal Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah (KSN-S) dan Registrasi KSN-K Jenjang SMA/MA tahun 2022 bisa langsung diunduh filenya pda tautan berikut ini:

 

Demikian informasi mengenai Pelaksanaan Seleksi KSN-S dan Pendaftaran KSN-K jenjang SMA/MA Tahun 2022. Surat Edaran Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Pusat Prestasi Nasional Nomor: 0231/J3/DM.02.00/2022 tanggal 17 Februari 2022 Perihal Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah (KSN-S) dan Registrasi KSN-K Jenjang SMA/MA tahun 2022. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.


Posting Komentar untuk "SE KSN Jenjang SMA/MA Tahun 2022"