Syarat dan Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2022 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Syarat dan Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2022

 

Sahabat sdnsobang1.comSyarat dan Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2022. Pada kesempatan kali ini admin berbagi terkait Syarat dan Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2022. Info resminya pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Pemerintah kembali membuka Program Kartu Indonesia Pintar KIP Kuliah Merdeka untuk tahun 2022 ini.

 

Syarat dan Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2022

Untuk yang menginginkan kuliah dengan bantuan biaya, dapat memanfaatkan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan melalui program KIP Kuliah Merdeka Tahun 2022 tersebut.

 

Program KIP Kuliah Merdeka merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik, akan tetapi berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi.

 

Program ini bertujuan untuk membantu calon mahasiswa yang terkendala biaya, agar tetap dapat memperoleh hak mendapatkan pendidikan yang tinggi,

 

Beberapa KIP Kuliah adalah sebagai berikut:

1.    Jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi yakni lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020. (bidikmisi 2019 130.000 beasiswa).

2.    Lebih banyak memberi akses kepada Pendidikan vokasi.

3.    Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.

4.    KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kelompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi.

5.    KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

 

Berikut ini informasi mengenai prosedur, syarat, dan jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2022.

Prosedur Pendaftaran:

Prosedur pendaftaran program KIP Kuliah tahun 2022 adalah sebagai berikut.

1.    Siswa melakukan pendaftaran individu di laman Sistem KIP Kuliah di website kip-kuliah.kemdikbud.go.id. atau melalui KIP Kuliah mobile apps.

2.    Siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email aktif.

3.    Sistem akan memvalidasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan untuk mendapatkan KIP Kuliah. NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.

4.    Jika validasi berhasil, sistem memberikan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email terdaftar.

5.    Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).

6.    Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.

7.    Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

 

Syarat Peserta:

Kualifikasi untuk peserta KIP Kuliah 2022 belum dikeluarkan secara resmi oleh Kemendikbudristek.

Berikut adalah gambaran persyaratan peserta peneriman KIP Kuliah tahun 2021.

1.    Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.

2.    Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

3.    Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP.

4.    Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera.

5.    Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

 

Total Bantuan KIP Kuliah 2022:

Berikut ini adalah total bantuan KIP Kuliah Tahun 2022.

1.    Mahasiswa S1: maksimal Rp 33,6 juta selama 8 semester.

2.    Mahasiswa D3: maksimal Rp 25,2 juta selama 6 semester.

3.    Mahasiswa D2: maksimal Rp 16,8 juta selama 4 semester.

4.    Mahasiswa D1: maksimal Rp 8,4 juta selama 2 semester.

 

Jadwal Pendaftaran:

Berikut adalah tanggal penting jadwal pendaftaran dan penutupan Kartu Indonesia Pintar Kuliah Tahun 2022.


Keterangan:

Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu

Informasi selengkapnya mengenai program KIP Kuliah Merderka Tahun 2022 dapat dilihat pada lama https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

 

Demikian artikel kali ini terkait Syarat dan Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2022. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "Syarat dan Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2022"