Petunjuk Pelaksanaan Simulasi Mengajar dan Wawancara Calon Guru Penggerak - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Petunjuk Pelaksanaan Simulasi Mengajar dan Wawancara Calon Guru Penggerak

 

Sahabat sdnsobang1.com – Download Petunjuk Pelaksanaan Simulasi Mengajar dan Wawancara Calon Guru Penggerak Tahun 2022. Sebelumnya admin telah berbagi artikel terkait Pengumuman Hasil Seleksi CGP Tahap 1 Tahun 2022.

 

Berikut dibawah ini admin bagikan Petunjuk Pelaksanaan Simulasi Mengajar dan Wawancara Calon Guru Penggerak. Petunjuk Pelaksanaan Simulasi Mengajar dan Wawancara Calon Guru Penggerak ini dibagi menjadi 2:

1.    Petunjuk umum

2.    Petunjuk khusus

 

A. Petunjuk Umum Seleksi Simulasi Mengajar 

1.    Pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar akan dilakukan secara daring (online) dengan aplikasi Google Meet dan tanpa dihadiri oleh murid (Peserta harus memiliki akun Google dan menggunakan browser Chrome).

2.    Seleksi Simulasi Mengajar akan dinilai oleh 2 (dua) asesor.

3.    Peserta seleksi menyiapkan diri dengan baik untuk melakukan Simulasi Mengajar.

Kandidat diharapkan hadir 5 menit sebelum waktu pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar yang akan diinformasikan melalui aplikasi SIMPKB.

4.    Peserta menyiapkan hal berikut untuk mengikuti seleksi Simulasi Mengajar sebagai berikut:

a.    Ruangan yang kondusif, memiliki pencahayaan yang baik, dan tersedia akses listrik dan internet (asesor berhak menghentikan seleksi jika dilakukan di lokasi yang tidak cocok seperti: di dalam angkutan umum atau tempat umum yang terlalu berisik) 

b.    Alat dan bahan yang diperlukan untuk Simulasi Mengajar (contoh: rencana pembelajaran, papan tulis kecil/kertas putih besar, alat peraga, spidol, dll)

c.     Jaringan internet yang baik dan cadangan sambungan internet

d.    Komputer/Laptop/perangkat elektronik dengan Kamera Video dan Speaker/Microphone yang baik

e.    Meletakkan komputer/laptop/perangkat elektronik yang mampu menampilkan gambar kandidat secara penuh/seluruh badan dalam pelaksanaan simulasi dan menangkap suara dengan baik. (lihat contoh tampilan kandidat)

5.    Melakukan latihan panggilan video melalui Google Meet dengan orang lain untuk memeriksa kualitas suara dalam panggilan video, sebelum pelaksanaan seleksi.

6.    Calon peserta diharapkan berdiri saat melakukan simulasi mengajar

 

Berikut adalah beberapa contoh tampilan kandidat yang diharapkan dalam mengikuti seleksi simulasi mengajar secara daring: 


B. Petunjuk Khusus Pelaksanaan Simulasi Mengajar 

1.    Peserta diwajibkan memilih salah satu topik mengajar yang tersedia (sesuai mata pelajaran dan jenjang) melalui tautan berikut: http://bit.ly/TopikSMPP

2.    Topik mengajar untuk guru mata pelajaran bahasa daerah, TIK, dan Agama bisa dipilih berdasarkan kurikulum yang dipergunakan di masing-masing sekolah/jenjang.

3.    Guru mata pelajaran bahasa asing/bahasa daerah wajib menggunakan bahasa Indonesia dalam memberikan instruksi pembelajaran (80% bahasa Indonesia, 20% Bahasa asing/daerah).

4.    Siapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP untuk durasi 10 menit dan unggah melalui portal Guru Berbagi https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/ sesuai jadwal yang ditentukan, sebelum jadwal pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar. (Contoh bagian-bagian RPP terlampir)

5.    RPP yang diunggah mengacu pada panduan yang terdapat dalam Surat Edaran Mendikbud no 14 tahun 2019, RPP yang diunggah berisi tujuan pembelajaran, langkahlangkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian (assessment) pembelajaran.

6.    Karena pembelajaran akan berlangsung secara singkat selama 10 menit, maka peserta diharapkan berfokus pada tahap pembuka dan inti pembelajaran dalam mengikuti seleksi Simulasi Mengajar. Penilaian pembelajaran wajib disiapkan oleh peserta seleksi walau tidak dilakukan dalam simulasi mengajar.

7.    Jadwal pelaksanaan simulasi mengajar dan tautan Google meet akan diberikan melalui aplikasi SIMPKB melalui dash board seleksi simulasi mengajar. Ikutilah seleksi simulasi mengajar sesuai jadwal yang diberikan.

8.    Di awal proses seleksi, asesor akan melakukan konfirmasi nama dan instansi tempat guru mengajar.

9.    Lakukan Simulasi Mengajar selama 10 menit.

10.  Lakukan Simulasi Mengajar seolah-olah pembelajaran dilakukan secara tatap muka, dengan menganggap terdapat murid-murid yang mengikuti proses pembelajaran di kelas tersebut.

11.  Simulasi Mengajar dilaksanakan bukan sebagai metode pengajaran daring, sehingga kandidat tidak bisa melakukan share screen untuk memberikan materi pembelajaran.

12.  Pada akhir sesi Simulasi Mengajar akan ada sesi tanya jawab dengan Asesor selama maksimal 6 menit. Peserta akan menjawab beberapa pertanyaan yang akan diajukan oleh tim Asesor.

13.  Simulasi Mengajar akan dihentikan oleh Tim Seleksi/Asesor jika sudah melewati waktu pelaksanaan simulasi.

Jika terjadi kendala teknis dalam pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar silahkan laporkan kepada Tim Pemantau atau melalui e-mail guru.penggerak@kemdikbud.go.id.

  

C. Unsur Penilaian Simulasi Mengajar 

Kompetensi 1 - Mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid belajar

secara aman dan nyaman.

Guru menggunakan strategi komunikasi yang positif dan efektif melalui instruksiinstruksi yang sesuai dengan karakteristik murid serta bagaimana kepercayaan diri guru dalam memimpin pembelajaran.

 

Kompetensi 2 – Mendesain, memandu, dan merefleksikan proses belajar mengajar yang efektif

Guru memandu pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran dan digunakannya

Contoh maupun alat peraga dalam memimpin pembelajaran, perencanaan penilaian

Pembelajaran serta hubungannya dengan tujuan pembelajaran.

 

Kompetensi 3 – Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri (Selfregulated learning).

Guru melakukan refleksi diri terhadap praktik pembelajaran yang telah dilakukan.

 


Selengkapnya silahakan sahabat download/unduh Petunjuk Pelaksanaan Simulasi Mengajar dan Wawancara Calon Guru Penggerak Tahun 2022, dibawah ini:

 

Untuk memaksimalkan informasi ini, silahkan download/unduh Pengumuman Hasil Seleksi CGP Tahap 1 Tahun 2022. Melalui tautan dibawah ini:

 

Demikian informasi kali ini terkait Petunjuk Pelaksanaan Simulasi Mengajar dan Wawancara Calon Guru Penggerak Tahun 2022 dan Pengumuman Hasil Seleksi CGP Tahap 1 Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya dan terima kasih sudah berkunjung.


Posting Komentar untuk "Petunjuk Pelaksanaan Simulasi Mengajar dan Wawancara Calon Guru Penggerak"