Pelatihan Distribusi Konten Media Sosial dan Analisis Performa Konten sebagai Upaya Akselerasi Adopsi ARKAS 4 di Satuan Pendidikan - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pelatihan Distribusi Konten Media Sosial dan Analisis Performa Konten sebagai Upaya Akselerasi Adopsi ARKAS 4 di Satuan Pendidikan

 

Sebagai upaya akselerasi pemanfaatan digitalisasi perencanaan dan penganggaran satuan pendidikan melalui Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS), PMO PDM 03A Sumber Daya Sekolah melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Sobat Inspiratif ARKAS (SIAR).



Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 s.d. 29 November 2023 di Grand Mercure Kemayoran dengan mengundang 42 (empat puluh dua) Sobat Inspiratif ARKAS (SIAR) yang memiliki latar belakang Tenaga Pendidik/Bendahara/Operator/Tenaga Administrasi di satuan pendidikan yang tersebar dan mewakili masing-masing regional dari Aceh s.d. Papua.

 


Pelibatan Tim Govtech Edu dan PAT Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) Kemendikbudristek, serta narasumber ahli Andrew Prasatya dan Farchan Noor Rachman pada kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pelatihan dan peningkatan kompetensi SIAR dalam hal Distribusi Konten Media Sosial dan Analisis Performa Konten sebagai kelanjutan dari materi yang pernah diberikan pada Peningkatan Kapasitas SIAR Tahap 1 terkait produksi konten kreasi.

  



Andrew Prasatya dari RevoU menilai bahwa kegiatan ini secara keseluruhan, mulai dari konsep dan pesertanya keren banget. "Saya suka dengan pendekatannya yang secara langsung memberikan pembekalan kepada pengguna ARKAS, selain SIAR yang sangat aktif dan banyak bertanya. Sehingga sebagai pemateri, saya merasa sangat senang dan berharap bisa bergabung pada kesempatan selanjutnya" ujarnya. 


Ditambahkan oleh Farchan Noor Rachman, bahwa kegiatan pelatihan dan pembekalan ini dipandang dapat meningkatkan kapasitas Tenaga Pendidik/Bendahara/Operator/Tenaga Administrasi agar menyediakan konten-konten kreatif yang sesuai, sehingga peranan mereka sebagai SIAR akan semakin meningkat yang berdampak pada optimalisasi kapasitas pendidikan di Indonesia.


  


Pada kesempatan ini, SIAR juga diminta melakukan Praktik Mandiri terkait Daftar Performa Konten dan Daftar Evaluasi & Pembelajaran dari konten kreasi yang sudah mereka publikasikan di sosial media masing-masing. Partisipasi aktif SIAR yang luar biasa semakin menambah antusiasme pelaksanaan kegiatan ini.

 

Jubair dari SD Negeri 1 Rite Kabupaten Bima memberikan kesan bahwa melalui kegiatan ini mendapatkan banyak ilmu, baik cara membuat konten-konten kreasi dan wawasan tentang ARKAS 4. Selain itu, kesempatan yang luar biasa dapat berbagi ilmu dengan SIAR lainnya. Selain itu, Iman Sugiman dari UPTD SD Negeri 2 Temiyang Kabupaten Indramayu mengatakan, "selama mengikuti kegiatan ini saya memperoleh banyak pengalaman, ilmu, dan teman banyak, selain hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan konten kreasi langsung dari narasumber ahli yang luar biasa" pungkasnya.

  



Melalui pemahaman dan peningkatan kapasitas yang seragam, maka SIAR diharapkan akan menjadi agen pendorong atau Change Management terhadap satuan pendidikan di Indonesia untuk segera melakukan adopsi ARKAS 4. 

Sumber: https://pmpk.kemdikbud.go.id/read/post/pelatihan-distribusi-konten-media-sosial-dan-analisis-performa-konten-sebagai-upaya-akselerasi-adopsi-arkas-4-di-satuan-pendidikan.


Posting Komentar untuk "Pelatihan Distribusi Konten Media Sosial dan Analisis Performa Konten sebagai Upaya Akselerasi Adopsi ARKAS 4 di Satuan Pendidikan"