Peningkatan Kapasitas Sobat Inspiratif ARKAS (SIAR) Terpilih - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Peningkatan Kapasitas Sobat Inspiratif ARKAS (SIAR) Terpilih

 

Dalam rangka penguatan salah satu program prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yaitu akselerasi pemanfaatan digitalisasi perencanaan dan penganggaran satuan pendidikan melalui Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS), Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Sobat Inspiratif ARKAS (SIAR).

 


Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 s.d. 28 Oktober 2023 di Vasa Hotel Surabaya dengan mengundang 42 (empat puluh dua) Sobat Inspiratif ARKAS (SIAR) Terpilih berdasarkan hasil seleksi yang sudah dilaksanakan pada periode 9 s.d. 15 Oktober 2023. SIAR terpilih yang hadir memiliki latar belakang Tenaga Pendidik/Bendahara/Operator/Tenaga Administrasi di satuan pendidikan yang tersebar dan mewakili masing-masing regional dari Aceh s.d. Papua.

 


Pelibatan Tim Govtech Edu dan Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) Kemendikbudristek, serta narasumber ahli Syammas P. Syarbini dan Fajar Advis pada kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pelatihan dan peningkatan kompetensi SIAR melalui pengenalan program kepada SIAR Terpilih dengan memberikan pembekalan terkait ARKAS 4 dan produksi konten kreasi.

 

Fajar Advis mengatakan bahwa kegiatan ini sangat luar biasa, karena nantinya akan ada konten kreator sebagai platform pengembangan dan pengayaan referensi edukasi tentang ARKAS bagi guru dan operator. "Tetap jaga konsistensi dalam menjadi konten kreator, dengan membuat konten kreasi yang menginspirasi dan mengedukasi, serta evergreen yang terus berkembang" ucap Fajar Advis.

 

Pertemuan ini sekaligus menjadi kesempatan bagi SIAR Terpilih untuk berbagi pengalaman dan memperoleh ilmu baru. "Senang sekali rasanya memperoleh kesempatan yang bermanfaat untuk berbagi pengalaman sebagai operator ARKAS. Saya dapat bertemu dengan SIAR dari Sabang sampai Merauke dengan pengalaman yang luar biasa dan dapat saling menginspirasi untuk meningkatkan kemampuan. Selain itu, kami juga dibekali materi yang sangat bermanfaat, selanjutnya dapat kami sampaikan kepada sobat ARKAS lainnya yang berada di Kecamatan dan Kabupaten" ujar Resty Fathma Indah dari SD Negeri Rangga Surya dengan antusias.

 



Hal yang sama juga disampaikan oleh Riska Nur Anisa dari SLB Negeri Sukamaju Lampung Utara, bahwa ini merupakan suatu keberuntungan dapat terpilih dari 1 dari 1200-an peserta yang mendaftar SIAR. Pengalaman ini akan dimanfaatkan untuk dapat meningkatkan kompetensi diri sebagai operator ARKAS di Sekolah Luar Biasa (SLB) dan dapat mengimbaskan informasi-informasi penting ke operator ARKAS lainnya terutama di SLB dan satuan pendidikan lainnya.

 

"Setelah mengikuti kegiatan ini selama dua hari, mulai muncul rasa percaya diri untuk membuat konten kreasi tentang ARKAS, karena sudah dibekali pengetahuan oleh narasumber ahli - konten kreator yang luar biasa. Setelah dari sini, saya berharap bisa berkembang untuk membuat konten kreasi yang baik dan dapat menginspirasi, serta membantu teman-teman operator ARKAS lainnya untuk mengerjakan ARKAS" ucap Humairah dari SLB Negeri 1 Parepare.

 

Kasmin Irwan yang berasal dari SMP YPPGI Nenei Kab. Manokwari Selatan juga mengungkapkan kesan, bahwa kegiatan peningkatan kapasitas SIAR sangat luar biasa dan menginspirasi. Banyak pengetahuan yang dapat diimbaskan ke satuan pendidikan lainnya yang masih memiliki kendala dalam pemanfaatan ARKAS. Kasmin berharap, semoga kegiatan ini terus berlanjut, sebagai wadah untuk melakukan sosialisasi kebijakan ARKAS dan kebijakan terkait program prioritas Kemendikbudristek lainnya.

 

Melalui pemahaman dan peningkatan kapasitas yang seragam, maka SIAR diharapkan akan menjadi agen pendorong atau Change Management terhadap satuan pendidikan di Indonesia untuk segera melakukan adopsi ARKAS 4 yang sudah dirilis pada awal bulan Agustus 2023. 

 



"Lewat program SIAR, operator ARKAS yang terpilih dari ujung barat s.d. timur dapat melakukan pengimbasan sebagai upaya untuk meningkatkan adopsi ARKAS 4 dan membantu operator ARKAS lainnya di daerah lain, terutama yang sulit dijangkau untuk lebih mudah menggunakan ARKAS" pungkas Widyarta Mega Paramita dari perwakilan Govtech Edu.

Sumber: https://pmpk.kemdikbud.go.id/read/post/peningkatan-kapasitas-sobat-inspiratif-arkas-siar-terpilih.

 

Posting Komentar untuk "Peningkatan Kapasitas Sobat Inspiratif ARKAS (SIAR) Terpilih"