Modul Ajar Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka Lengkap - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Modul Ajar Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka Lengkap

   

Sahabat sdnsobang1.com – Download Modul Ajar Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2024/2025 semua mata pelajaran. Contoh Modul Ajar ini dapat menjadi referensi bagi guru kelas dalam menyusun perangkat pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di semester 2 tahun ajaran 2024/2025.

 





Guru dapat mengembangkan sendiri contoh modul ajar Kurikulum Merdeka ini sesuai kebutuhan dan kondisi satuan pendidikan masing-masing.

 

Modul ajar merupakan sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik.

 

Modul ajar menjadi salah satu perangkat ajar pada Kurikulum Merdeka. Perangkat ajar Kurikulum Merdeka meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, video pembelajaran, serta bentuk lainnya.

 

Pendidik dapat menggunakan beragam perangkat ajar dari berbagai sumber. Perangkat ajar dapat langsung digunakan pendidik untuk mengajar atau pun sebagai referensi atau inspirasi dalam merancang pembelajaran.

 

Modul ajar bersama-sama dengan perangkat ajar lainnya menjadi bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai profil pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.

 

Komponen Modul Ajar

Beberapa komponen dibutuhkan dalam penyusunan modul ajar, tetapi ada juga yang tidak harus tercantum di dalamnya.

Guru juga diberikan kebebasan untuk mengembangkan komponen dalam modul  ajar sesuai konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik.

 

Komponen dari modul ajar bisa terdiri dari 3 (tiga) bagian utama, yaitu Informasi Umum, Komponen Inti, dan Komponen Lampiran.


1. Informasi Umum

a. Identitas penulis modul

b. Kompetensi awal

c. Profil Pelajar Pancasila

d. Sarana dan prasarana

e. Target peserta didik

 

2. Komponen Inti

a. Tujuan pembelajaran

b. Pemahaman permakna

c. Pertanyaan pemantik

d. Kegiatan pembelajaran

e. Asesmen

e. Pengayaan dan remedial

g. Refleksi peserta didik dan guru

 

3. Komponen lampiran

a. Lembar Kerja Peserta Didik

b. Bahan bacaan guru dan peserta didik

c. Glosarium

d. Daftar pustaka

 

Langkah-langkah Penyusunan Modul Ajar

Di dalam menyusun modul ajar, guru perlu memperhatikan langkah-langkah penyusunannya. Berikut ini adalah langkah-langkah penyusunan modul ajar.

 

1. Analisis kondisi dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan

Sebelum membuat modul ajar, guru perlu melakukan analisis kondisi dan kebutuhan peserta didik, dengan begitu pembelajaran yang diberikan bisa sesuai serta dapat dipahami lebih baik.

 

Di dalam implementasi kurikulum merdeka, melakukan analisis sangat penting dan direkomendasikan, guru dapat melaksanakannya dengan assessmen diagnostik. Upaya tersebut membantu guru mendapatkan hasil kemampuan siswa, kondisi dan kebutuhan belajarnya.

 

2. Identifikasi dan menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila

Profil pelajar Pancasila menjadi salah satu fokus dan poin inti dalam implementasi kurikulum merdeka. Dengan enam dimensi yang diharapkan dapat membentuk karakter Pancasila pada pelajar.

 

Di dalam pelaksanaan pembelajaran guru dapat memilih satu atau lebih dimensi, sehingga modul ajar yang disusun guru pun disesuaikan dengan materi pelajaran serta dimensi profil yang diinginkan.

 

3. Tentukan Alur Tujuan Pembelajaran yang akan dikembangkan menjadi Modul Ajar

Konsep dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), yaitu dimulai dari Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai murid di akhir fase, sedangkan ATP adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran.

 

Alur menjadi panduan guru dan murid untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir suatu fase. Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

 

Guru dapat menyusun ATP masing-masing, yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran. Pemerintah menyediakan beberapa contoh ATP yang bisa langsung digunakan atau dimodifikasi, dan membuat panduan untuk penyusunan perangkat ajar.

 

4. Membuat Modul Ajar berdasarkan komponen yang tersedia

Setelah mendapatkan hasil dari asesmen diagnostik, menentukan dimensi dari profil pelajar Pancasila serta ATP, berikutnya guru dapat menuangkannya dalam rencana pembelajaran berupa modul ajar.

 

Selaiin memuat tiga komponen inti, guru dapat mengembangkan/memodifikasinya. Guru juga dapat memilih komponen sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

 

5. Melaksanakan pembelajaran

Modul Ajar yang telah disusun oleh guru selanjutnya bisa menjadi panduan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

 

6. Melaksanakan tindak lanjut

Setelah guru melakukan pembelajaran, guru melakukan evaluasi efektivitas modul ajar dan tindak lanjut untuk pembelajaran berikutnya.

 

Silahkan unduh Modul Ajar/RPP+ Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka selengkapnya pada tautan berikut.

  • Modul Ajar PAI Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka – Unduh
  • Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka – Unduh
  • Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka – Unduh
  • Modul Ajar Matematika Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka – Unduh
  • Modul Ajar PPKn Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka – Unduh
  • Modul Ajar PJOK Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka – Unduh

 

Demikian artikel kali ini terkait Modul Ajar Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka Lengkap Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka Lengkap"