Langkah-langkah Entri DHGTK Online di laman http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Langkah-langkah Entri DHGTK Online di laman http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2



https://sdnsobangsatu.blogspot.com/

Langkah-langkah Entri DHGTK Online di laman http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2 - Laman daftar hadir guru dan tenaga kependidikan kini mengalami pembaharuan. Pembaharuan tersebut tidak hanya berupa pembaharuan versi akan tetap juga terdapat pembaharuan berbagai fitur menu yang terdapat didalamnya. Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi mengenai fitur-fitur apa sajakah yang ada dalam laman daftar hadir versi baru? dan bagimanakah cara pengentrian datanya?

Laman daftar hadir versi 2 (atau versi terbaru) dapat anda akses pada link http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2.1/. Laman ini merupakan laman versi terdahulunya (versi 1) yang beralamatkan di sini. Terdapat beberapa fitur pembaharuan yang disajikan di laman. Adapun fitur pembaruan tersebut adalah:
1.    Tampilan halaman muka dari laman hadir gtk versi 2 berbeda dari laman hadir gtk versi 1
2.    Perubahan Tampilan Dashboard dari laman daftar hadir versi 1
Menu dashboard menampilakan daftar kehadiran harian guru dan daftar harian tendik secara keseluruhan. Menu ini juga memberikan gambaran jumlah pegawai yang hadir dan jumlah pegawai yang belum hadir.
3.    Terdapat menu kelengkapan sekolah yang memuat fitur-fitur sebagai berikut Izin
a.     Pegawai: fitur izin pegawai digunakan ketika terdapat salah satu guru atau tenaga kependidikan berhalangan hadir sebab sakit, izin kedinasan, cuti dan lain-lain.
b. Operasional Sekolah: menu ini memuat jadwal sekolah mulai dari waktu penyelenggaraan sekolah, hari libur sekolah, waktu penyelenggaran sekolah dan hari libur yang diterapkan disekolah, jam kerja serta jam istirahat.
c.      Kalender Pendidikan
d.     Entri Kehadiran
e.     S.P.T.J.M

Adapun langkah-langkah mengisi daftar hadir dilaman http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2.1/ adalah sebagai berikut:


Langkah berikutnya adalah pilih dan klik menu entri kehadiran. Pada menu pilihan ini, anda diwajibkan memilih dan klik tanggal kehadiran serta menceklist status kehadiran pada tombol checkbox di menu status. 


Sebagai catatan: jika checkbox setelah di klik kembali pada posisi sebelum di klik, berarti terdapat indikasi eror pada saat kirim data. Jika anda menjumpai kondisi seperti ini, silahkan anda ulangi prosesnya. Guru yang sudah absensi melalui mesin sidik jari, tidak bisa mengisi data kehadiran dengan cara ini pada tanggal yang sama.

Berikut ini kami terangkan entri kehadiran:

Berkaitan dengan guru dan tenaga administrasi sekolah yang izin, maka anda dapat menggunakan menu izin pegawai. Adapun cara entri izin pegawai adalah sebagai berikut:
a.     silahkan klik menu izin pegawai
b.     pilih dan klik nama pegawai yang izin
c.      pilih dan klik tambah izin
d.     entri izin pegawai:
e.     Nama guru/TK
f.       Nomor surat
g.     tanggal surat
h.     prihal surat

Jenis surat (surat sakit, izin, tugas luar, cuti tahunan, cuti besar, cuti sakit, cuti melahirkan, cuti karena alasan penting, cuti bersama, cuti diluar tanggungan negara, cuti ibadah)
a.     tanggal awal
b.     tanggal selesai
c.      disetujui oleh
d.     NIP yang menyetujui
e.     Jabatan yang menyetujui

Selanjutnya, terkait dengan menu kalender pendidikan. Kalender pendidikan sudah otomatis jika tidak di centang checkbox

Langkah terakhir, jika anda sudah merasa yakin terhadap semua entrian data hadir tiap tanggal dan bulan, maka anda diperkenankan mencetak S.P.T.J.M. Langkahnya adalah pilih dan klik menu S.P.T.J.M, kemudian entri data Pejabat S.P.T.J.M. dan diakhiri dengan mengeklik menu simpan. Adapun data entrian pejabat S.P.T.J.M. yaitu:
a.    Penanggung jawab
b.    NIP
c.    Tempat lahir
d.    Tanggal Lahir
e.    Jabatan (Kepala sekolah dan atau PLT Kepala Sekolah)


Langkah-langkah Entri DHGTK Online di laman http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2 dapat anda tonton melalui video berikut [YOUTUBE]

BACA JUGA: Cara Cetak SPTJM Hadir GTK Online v.2

Demikianlah sedikit informasi mengenai Langkah-langkah Entri DHGTK Online di laman http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2, semoga ada manfaatnya dan selamat mencoba. #SalamSATUData.

Posting Komentar untuk "Langkah-langkah Entri DHGTK Online di laman http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2"