SOAL DAN JAWABAN TES FORMATIF MODUL PEDAGOGI 1 KB 2 KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK PPG 2021 TERBARU - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

SOAL DAN JAWABAN TES FORMATIF MODUL PEDAGOGI 1 KB 2 KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK PPG 2021 TERBARU

 

sdnsobang1.com - Soal Dan Jawaban Tes Formatif Modul Pedagogi 1 KB 2 Karakteristik Peserta Didik PPG 2021 Terbaru. Sebelumnya admin telah memposting SOAL DAN JAWABAN TESFORMATIF MODUL PEDAGOGI 1 KB 1 PPG 2021 TERBARU Konsep Dasar Rasional dan Landasan Ilmu Pendidikan. Kali ini admin melanjutkan ke Modul Pedagogi 1 Kegiatan Belajar (KB) 2 yaitu Karaktristik Peserta Didik.

 

SOAL DAN JAWABAN TES FORMATIF MODUL PEDAGOGI 1 KB 2 KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK PPG 2021 TERBARU
SOAL DAN JAWABAN TES FORMATIF MODUL PEDAGOGI 1 KB 2 KARAKTERISTIK PESERTA
DIDIK PPG 2021 TERBARU




Agar dapat menguasai materi kegiatan belajar 2 dengan baik  dan  berhasil  mencapai  capaian  pembelajaran  yang  telah  dirumuskan,  maka Anda perlu ikuti petunjuk belajar berikut ini:

1.    Pahami dengan baik kompetensi yang harus Anda kuasai, dan pelajari KB ini dengan sepenuh hati dan tanggungjawab.

2.    Bacalah  materi  modul  dengan  cermat  dan  seksama,  serta  tambahkan catatan-catatan seperlunya untuk membantu ingatan Anda. 

3.    Cermati  dan  kerjakan  tugas  dalam  modul  ini  dengan  sungguh-sungguh. Jangan lupa gunakan pengetahuan dan pengalaman yang telah Anda miliki sebelumnya.

4.    Jangan  lupa  membuat  catatan  khusus  yang  Anda  anggap  penting  selama mempelajari modul ini.

5.    Kerjakan  tes  formatif  yang    diberikan  seoptimal  mungkin  dan  gunakan rambu-rambu jawaban untuk membuat penilaian apakah sudah atau belum memadainya jawaban Anda.

 

 

1.  Capaian Pembelajaran

Setelah  mempelajari  keseluruhan  materi  pada  kegiatan  belajar  2,  Saudara diharapkan  mampu  menerapkan  beragam  karakteristik  peserta  didik  sebagai pijakan  dalam  mendesain  pembelajaran  yang  inovatif  untuk  mendukung  tugas keprofesian  sebagai  pendidik,  yang  memesona  yang  dilandasi  sikap  berwibawa, tegas,  didiplin,  penuh  panggilan  jiwa,  disertai  dengan    jiwa  kesepenuhatian  dan kemurahatian. Adapun indikator untuk mendukung capaian pembelajaran tersebut diharapkan Anda dapat:

a.    Menjelaskan pengertian karakteristik peserta didik.

b.    Menjelaskan ragam/macam-macam karakteritik peserta didik.

c.     Menerapkan manfaat mengenal karakteristik peserta didik sebagai pijakan dalam pembelajaran. 

 

 

2.  Pokok-Pokok Materi

Mengacu pada capaian pembelajaran yang telah  ditetapkan, maka materi- materi pokok  yang akan diuraikan dalam modul-1 kegiatan belajar 2 mata kuliah Pedagogik adalah :

a.    Pengertian karakteristik peserta didik

b.    Ragam karakteristik peserta didik

c.     Manfaat mengenal karakteristik sebagai pijakan dalam pembelajaran

 

 

Rangkuman

 

Peserta didik dalam suatu kelas atau sekolah memiliki karakteristik yang berbeda- beda. Perbedaan-perbedaan yang ada perlu dikelola secara baik. Namun jika perbedaan tersebut tidak dikelola secara baik, maka akan menimbulkan permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran.

 

Karakteristik peserta didik banyak ragam yaitu: etnik, kultural, status sosial, minat, perkembangan kognitif, kemampuan awal, gaya belajar, motivasi, perkembangan emosi, perkembangan sosial dan perkembangan moral dan spiritual, dan perkembangan motorik.



SOAL DAN JAWABAN TES FORMATIF MODUL PEDAGOGI 1 KB 2 KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK PPG 2021 TERBARU 


 

TES FORMATIF MODUL PEDAGOGI 1 KB 2 KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

 

Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D, atau E yang dianggap paling tepat!


1. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses

pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:

A. Media gambar

B. Media benda nyata

C. Media grafis

D. Media poster

E. Media cetak

 

 

2. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing.Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:

A. Status Sosial

B. Moral

C. Etnik

D. Minat

E. Motivasi

 

 

3. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:

A. Minat

B. Motivasi

C. Etnik

D. Kultural

E. Status social

 

 

4. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topikTata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud inginmengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki pesertadidiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:

A. Kemampuan awalnya

B. Motivasi belajarnya

C. Perkembangan sosialnya

D. Perkembangan emosinya

E. Perkembangan motoriknya

 

 

5. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:

A. Etnik peserta didik

B. Gaya belajar peserta didik

C. Gender peserta didik

D. Minat peserta didik

E. Kultural peserta didik

 

 

6. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama:

A. Etnik

B. Minat

C. Gender

D. Status social

E. Kultural

 

 

7. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:

A. Motivasi

B. Kultural

C. Sosial

D. Status sosial

E. Etnik

 

 

8. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:

A. Akibat perbuatan

B. Persetujuan orang lain

C. Kontrak/imbal jasa

D. Ketertiban sosial

E. Hati Nurani

 

 

9. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:

A. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.

B. Menggunakan program audio dan modul.

C. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

D. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

E. Menggunakan modul dan powerpoint.

 

 

10. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

A. Meronce membuat kalung

B. Menendang bola

C. Memasang puzzle

D. Mewarnai pola

E. Menjiplak huruf

 

 

Demikian tentang Soal Dan Jawaban Tes Formatif Modul Pedagogi 1 Kb 2 Karakteristik Peserta Didik PPG 2021 Terbaru, selamat mengerjakan tugas PPG Daring 2021, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung…

 

3 komentar untuk "SOAL DAN JAWABAN TES FORMATIF MODUL PEDAGOGI 1 KB 2 KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK PPG 2021 TERBARU"

  1. Minta soal pts semester 2 kls 5🙏

    BalasHapus
  2. MAAF TIDAKBISA DI DONWLOADSOALUPNYA

    BalasHapus
  3. belum saya buat word nya pa/bu.. untuk sementara screenshot aja dulu. nanti saya perbaiki filenya.. terima kasih

    BalasHapus