Jawaban Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Studi Kasus 2 di SMP - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jawaban Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Studi Kasus 2 di SMP

 

Sahabat sdnsobang1.com – Jawaban Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Studi Kasus 2 di SMP. Pada kesempatan kali ini admin update artikel kembali masih terkait Bimtek Guru Belajar Seri Literasi Numerasi pada SIMPKB, untuk kali ini Jawaban pada Studi Kasus 2 di SMP.

 

Jawaban Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Studi Kasus 2 di SMP


Studi Kasus 2 di SMP

Pak Sehat adalah guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di SMP Harapan Bangsa. Menurut Pak Sehat, pelaksanaan Ebtanas, Ujian Nasional, hingga Asesmen Nasional yang baru-baru ini ramai dibahas, tidak ada hubungannya sama sekali dengan mata pelajaran yang diampunya. Pak Sehat diam-diam bersedih karena merasa terabaikan di tengah gencarnya penguatan literasi nasional.

 

Diskusikanlah dalam forum antar Bapak Ibu Guru yang tersedia mengenai anggapan dan perasaan Pak Sehat terkait pembelajaran Penjaskes, berdasarkan materi mengenai Literasi dalam Modul 1 dan Modul 2 ini!

 

 

Jawaban 1:

Pandangan Pak Sehat tidak tepat karena literasi digunakan dalam semua pembelajaran, tanpa literasi pembelajaran tidak bisa berlangsung dengan baik, contoh dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan, untuk mengetahui tentang berita Corona kita perlu literasi yang mendalam jadi semua mapel sangat membutuhkan literasi

 

 

Jawaban 2:

Seharusnya pak Sehat tidak bersikap demikian, jika melihat esensi dari gencarnya penguatan literasi nasional tidak hanya menyasar mata pelajaran sastra dan matematis saja namun lebih bersifat universal dan menyeluruh. Hal ini ditunjukkan dengan adanya beberapa soal dalam mata pelajaran literasi yang diujikan pada ANBK tahun ini melibatkan topik-topik yang dekat dengan lingkungan siswa, salah satunya topik yang berkaitan dengan bidang keolahragaan. Soal-soal itu muncul dengan tujuan menguji kemampuan nalar dan pengetahuan umum siswa. Jadi, menurut saya pak Sehat seharusnya berpikir bahwa gerakan litarasi nasional ini membutuhkan keterlibatan seluruh mata pelajaran yang ada untuk membangun sebuah budaya literasi yang lebih universal, komprehensif dan sinergis.

 

 

Jawaban 3:

Saya tidak setuju dengan pendapat Pak Sehat. Seharusnya Pak Sehat tidak bersikap demikian, jika melihat esensi dari gencarnya penguatan literasi nasional tidak hanya menyasar mata pelajaran sastra dan matematis saja namun lebih bersifat universal dan menyeluruh. Hal ini ditunjukkan dengan adanya beberapa soal dalam mata pelajaran literasi yang diujikan pada ANBK tahun ini melibatkan topik-topik yang dekat dengan lingkungan siswa, salah satunya topik yang berkaitan dengan bidang keolahragaan. Soal-soal itu muncul dengan tujuan menguji kemampuan nalar dan pengetahuan umum siswa

 

 

Jawaban 4:

Menurut saya, seluruh hasil belajar siswa merupakan hasil usaha dan tanggung jawab dari semua guru yang mengajar. Hasil belajar siswa itu pun tidak hanya dilihat dari ranah pengetahuan saja akan tetapi ada ranah lain yaitu keterampilan dan sikap. Semua ranah pengetahuan, keterampilan dan sikap termuat dalam semua mata pelajaran termasuk ada dalam pelajaran Penjaskes yang diajarkan Pak Sehat, walaupun dari masing-masing ranah memiliki takaran yang berbeda. Di aspek ini Pak Sehat akan sangat berperan pada ranah kesehatan serta kebugaran siswa sehingga siap untuk melaksanakan berbagai Ujian atau Asesmen.

 

 

Jawaban 5:

Menurut saya persepsi pak Sehat kurang tepat karena semua pembelajaran saling terkait satu dengan yang lain. Melaui kegiatan pembelajaran yang bapak lakukan akan menunjang pelajaran lainnya. Sebaiknya pak Sehat tetap lebih bersemangat lagi untuk mempersiapkan fisik anak menjadi sehat untuk menunjang kegiatan yang dilakukan.

 

Berikut dibawah ini Kumpulan Link Soal dan Jawaban Bimtek Literasi dan Numerasi MODUL 1:

1.    Soal dan Jawaban Tes Awal Bimtek Literasi dan Numerasi (DISINI)

2.    Jawaban Miskonsepsi Konsep Dasar Literasi Numerasi (DISINI)

3.    Jawaban Studi Kasus Konsep Dasar Literasi (DISINI)

4.    Jawaban Studi Kasus Konsep Dasar Numerasi (DISINI)

5.    Jawaban Miskonsepsi Perkembangan Literasi 1 (DISINI)

6.    Jawaban Miskonsepsi Perkembangan Literasi 2 (DISINI)

7.    Jawaban refleksi Miskonsepsi (DISINI)

8.    Jawaban Studi Kasus Perkembangan Literasi (DISINI)

9.   Jawaban Refleksi Miskonsepsi Numerasi (DISINI)

10.  Studi Kasus Perkambangan Numerasi (DISINI)

11. Miskonsepsi Proses Pemrofilan Perkambangan Literasi (DISINI)

12.  Studi Kasus Proses Pemrofilan Perkambangan Literasi (DISINI)

13. Evaluasi Uji Pemahaman Unggah Profilling Peserta Didik (DISINI)

 

Berikut dibawah ini Kumpulan Link Soal dan Jawaban Bimtek Literasi dan Numerasi MODUL 2:

1. Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Studi Kasus SD (DISINI)

2. Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Studi Kasus 1 di SMP (DISINI)

3. Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Studi Kasus 2 di SMP (DISINI)

4. Kuis Asesmen Pasca Aktivitas Penyusunan Program Literasi dan Numerasi Berdasarkan Profile Peserta Didik (DISINI)

5. Evaluasi Unggah Rancangan Penyusunan Program Literasi dan Numerasi (DISINI)

 

 

Berikut dibawah ini Kumpulan Link Soal dan Jawaban Bimtek Literasi dan Numerasi MODUL 3:

1.  Studi Kasus Praktik Baik Literasi dan Numerasi di Sekolah (DISINI)

2.  Kuis Pentingnya Praktik Baik Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga (DISINI)

3. Forum Diskusi Miskonsepsi Praktik Baik Literasi dan Numerasi di Masyarakat (DISINI)

4. Uji Pemahaman Literasi dan Numerasi di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat (DISINI)

5. Tes Akhir Bimtek Literasi dan Numerasi (DISINI)

6. Laporan Pengembangan Diri Bimbingan Teknis Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Literasi dan Numerasi (DISINI)

 

  

Berikut Contoh Video Pengimbasan BIMTEK GURU BELAJAR SERI LITERASI DAN NUMERASI sebagai bahan referensi bagi sahabat yang akan membuat Video Pengimbasan. Jangan lupa LIKE, SHARE dan SUBSCRIBE ya... 

 

Demikian artikel kali ini yang bisa admin bagikan. Selamat mengikuti bimtek Literasi dan Numerasi. Semoga ada manfaat di dalamnya dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "Jawaban Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Studi Kasus 2 di SMP"