Jawaban Modul 2 Studi Kasus Implementasi Numerasi dalam Pembelajaran - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jawaban Modul 2 Studi Kasus Implementasi Numerasi dalam Pembelajaran

 

Sahabat sdnsobang1.com – Download Jawaban Modul 2 Implementasi Literasi dan Numerasi dalam Pembelajaran. Pada kesempatan kali ini admin update artikel masih terkait Bimtek Guru Belajar Seri Literasi Numerasi SIMPKB.

 

Jawaban Modul 2 Studi Kasus Implementasi Numerasi dalam Pembelajaran

Berikut Jawaban Modul 2 Jawaban Studi Kasus Implementasi Numerasi dalam Pembelajaran. Bimtek Guru Belajar Seri Literasi Numerasi.

 

Kasus 1:



Studi Kasus Implementasi Numerasi dalam Pembelajaran

Pertanyaan:

1.      Bagaimana pendapat Bapak Ibu tentang video tersebut?

2.      Seperti apa implementasi numerasi pada pembelajran di video tersebut?

 

Kasus 2:

Situasi COVID-19 di Indonesia masih terus menunjukkan peningkatan. Di berbagai daerah di Indonesia, kasus baru COVID-19 masih terus bertambah. Pemerintah pun sudah mengambil berbagai langkah untuk mengurangi penyebaran dan penambahan kasus baru. Data tentang kasus COVID-19 pun sudah banyak tersebar dan dapat diakses oleh masyarakat luas, tidak hanya data di negara Indonesia tetapi juga seluruh dunia. Konteks tentang COVID-19 merupakan salah satu konteks yang sangat menarik untuk didiskusikan dengan peserta didik di kelas baik secara daring maupun luring.

 

Pertanyaan:

Jika Bapak Ibu akan menggunakan konteks COVID-19 untuk pembelajaran di kelas Bapak Ibu untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik, pembelajaran atau aktivitas seperti apa yang akan Bapak Ibu implementasikan?

 

Apakah permasalahan COVID-19 yang akan Bapak Ibu angkat sebagai konteks dan aktvitas pada pembelajaran tersebut?

 

Bagaimana tahapan pembelajaran yang akan dilakukan untuk mengembangkan kemampuan numerasi peserta didik pada pembelajaran ini?

 

Bagaimana Bapak Ibu mengukur peningkatan kemampuan numerasi peserta didik pada pembelajaran tersebut?

 

 

Kasus 3

Untuk mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik, beberapa guru mata pelajaran yang berbeda berkolaborasi untuk menyusun pembelajaran berbasis proyek. Guru bersama-sama menentukan project dan langkah pembelajaran yang akan dilakukan oleh peserta didik.

 

Pertanyaan:

Bagaimana menurut Bapak Ibu mengenai rencana pembelajaran seperti tersebut di atas? Apakah pembelajaran tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik?

 

Jika Bapak Ibu akan melakukan hal yang sama seperti disebut di atas, pembelajaran seperti apa yang akan Bapak Ibu kembangkan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik? Ayo share dengan guru-guru lainnya ide Bapak Ibu.

 

 

Jawaban 1 

Kasus 1

a. Video yang ditampilkan sangat menarik dan dapat dijadikan contoh untuk di praktekkan di sekolah kami

b.Implementasi Numerasi pada video tersebut adalah dengan menyertakan benda benda konkrit yang di temuai siswa dalam kehidupan sehari hari.

 

Kasus 2

a. Karena keadaan Covid 19 maka pembelajaran dilakukan secara Daring dengan menggunakan Video penyampaian pembelajara

b. Membuat grafik tentang kasus Covid yang ada di daerah tempat tinggalnya dengan memanfaatkan media elektronik atau informasi lainnya

c. Tahapan pertama adalah membahas topik yang akan disampaikan ke murid,kedua pemberian tugas,,pengumpulan tugas dan yang terakhir adalah pembahasan bersama hasil kerja murid

d.Penilaian dapat dilakukan dengan lembaran hasil kerja yang dikumpulkan murid

 

Kasus 3

a.Betul sekali bahwa apa yang dilakukan oleh guru di atas dapat membantu peningkatan Literasi dan Numerasi

b. Pembelajaran yang dikembangkan adalah pembelajaran berbasis proyek

 

 

Jawaban 2

Kasus 1: Implementasi numerasi dalam pembelajaran di video tersebut secara kontekstual dan lebih bermakna sehingga siswa mudah memahami dan menyelesaikan soal matematikanya.

 

Kasus 2: Untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik dalam kasus ini adalah menugaskan siswa untuk mencatat perkembangan penyebaran covid 19 di setiap daerah di Indonesia lewat media sosial selama beberapa hari secara berkelompok. Kemudian membuat dalam bentuk tabel, diagram batang, grafik, dan lingkaran. Selanjutnya mempresentasikan dan memberi kesimpulan hasil kerja kelompoknya.

 

Kasus 3: Guru Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia dapat berkolaborasi untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan literasi peserta didik melalui pembelajaran proyek dengan mengangkat tema yang sama dan dilaksanakan di waktu yang bersamaan.

 

 

Jawaban 3:

Contoh Kasus 1

Pada video pembelajaran tersebut sangat jelas, bahwa guru memahami konsep matematika dengan berusaha menggali kreatifitasnya dengan menghadirkan benda-benda konkret untuk menanamkan konsep matematika (FPB). Dengan begitu peserta didik memahaminya

 

Contoh Kasus 2

Aktivitas pengumpulan data peserta didik yang tidak menggunakan masker di sekolah perhari. Peserta didik mencatat data tersebut selama 1 minggu.

1. Permasalahan yang akan diangkat adalah berapa pesersentase perbandingan peserta didik yang patuh terhadap protokol kesehatan dengan menggunakan masker dengan yang kurang patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan sekolah.

2. Pengumpulan data-penyajian data-analisis data-evaluasi dan menarik kesimpulan tentang penerapan protokol kesehatan di sekolah.

3. Dengan melakukan pengamatan terhadap peserta didik dapat mematuhi protokol kesehatan yang telah di tetapkan.

 

Contoh Kasus 3

1. Menurut saya, kegiatan tersebut mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik jika dalam proyek tersebut mencakup semua kegiatan berupa membaca, menulis, menghitung, menyimak dan lain-lain yang berkaitan langsung dengan kegiatan siswa sehari-hari.

2. Menurut saya, kegiatan pembelajaran yang akan saya kembangkan adalah kegiatan pembelajaran berbasis eksplorasi, sehingga siswa bisa menemukan sendiri konsep-konsep literasi dan numerasi dari kegiatan tersebut

 

Jawaban 4:

1. Guru tersebut sangat inspiratif yakni memanfaatkan media belajar yang diperoleh atau mudah ditemukan di lingkungan setempat

2. Kasus Covid bila dijadikan soal numerasi semisal: Persentase Jumlah Penduduk Indonesia yang terpapar, Persentase Jumlah Penduduk Yang Berhasil Survive dari Covid dan Yang Meninggal Dunia

3. Semisal Guru IPA berkolaborasi dengan Guru Matematika memberikan tugas berbasis proyek untuk membuat laporan mengenai Jumlah Populasi dan Kepadatan Populasi dalam suatu kebun di sekitar siswa kemudian setelah itu siswa diminta untuk menuangkannya dalam bentuk diagram. Kolaborasi antar guru tersebut akan sangat dimungkinkan

 

Jawaban 5:

kasus 1 : gurunya sangat kreatif menyampaikan konsep dasar matematika (FPB) tidak menggunakan angka-angka matematik tetapi menggunakan media yang ada di sekitar siswa agar mudah diingat dan dipahami.

 

Kasus 2 : Aktivitas literasi menggunakan bahan cetak koran/media online. Perkembangan kasus covid19. Melakukan tanya jawab dan tes tertulis tentang perkembangan kasus covid19 (presentase angka terjangkitnya covid per hari atau perminggu)

 

Kasus 3 Tentu dapat dilakukan kolaborasi antara guru satu dengan guru lainnya menggunakan Pembelajaran project based learning.

 

Berikut dibawah ini Kumpulan Link Soal dan Jawaban Bimtek Literasi dan Numerasi MODUL 1:

1.    Soal dan Jawaban Tes Awal Bimtek Literasi dan Numerasi (DISINI)

2.    Jawaban Miskonsepsi Konsep Dasar Literasi Numerasi (DISINI)

3.    Jawaban Studi Kasus Konsep Dasar Literasi (DISINI)

4.    Jawaban Studi Kasus Konsep Dasar Numerasi (DISINI)

5.    Jawaban Miskonsepsi Perkembangan Literasi 1 (DISINI)

6.    Jawaban Miskonsepsi Perkembangan Literasi 2 (DISINI)

7.    Jawaban refleksi Miskonsepsi (DISINI)

8.    Jawaban Studi Kasus Perkembangan Literasi (DISINI)

9.   Jawaban Refleksi Miskonsepsi Numerasi (DISINI)

10.  Studi Kasus Perkambangan Numerasi (DISINI)

11. Miskonsepsi Proses Pemrofilan Perkambangan Literasi (DISINI)

12.  Studi Kasus Proses Pemrofilan Perkambangan Literasi (DISINI)

13. Evaluasi Uji Pemahaman Unggah Profilling Peserta Didik (DISINI)

 

Berikut dibawah ini Kumpulan Link Soal dan Jawaban Bimtek Literasi dan Numerasi MODUL 2:

1. Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Studi Kasus SD (DISINI)

2. Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Studi Kasus 1 di SMP (DISINI)

3. Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Studi Kasus 2 di SMP (DISINI)

4. Kuis Asesmen Pasca Aktivitas Penyusunan Program Literasi dan Numerasi Berdasarkan Profile Peserta Didik (DISINI)

5. Evaluasi Unggah Rancangan Penyusunan Program Literasi dan Numerasi (DISINI)

 

 

Berikut dibawah ini Kumpulan Link Soal dan Jawaban Bimtek Literasi dan Numerasi MODUL 3:

1.  Studi Kasus Praktik Baik Literasi dan Numerasi di Sekolah (DISINI)

2.  Kuis Pentingnya Praktik Baik Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga (DISINI)

3. Forum Diskusi Miskonsepsi Praktik Baik Literasi dan Numerasi di Masyarakat (DISINI)

4. Uji Pemahaman Literasi dan Numerasi di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat (DISINI)

5. Tes Akhir Bimtek Literasi dan Numerasi (DISINI)

6. Laporan Pengembangan Diri Bimbingan Teknis Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Literasi dan Numerasi (DISINI)

 

  

Berikut Contoh Video Pengimbasan BIMTEK GURU BELAJAR SERI LITERASI DAN NUMERASI sebagai bahan referensi bagi sahabat yang akan membuat Video Pengimbasan. Jangan lupa LIKE, SHARE dan SUBSCRIBE ya... 

 

Demikian artikel kali ini yang bisa admin bagikan. Selamat mengikuti bimtek Literasi dan Numerasi. Semoga ada manfaat di dalamnya dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Posting Komentar untuk "Jawaban Modul 2 Studi Kasus Implementasi Numerasi dalam Pembelajaran"