Solusi Cepat Update Desa/Kelurahan Pada Dapodik 2023.d - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Solusi Cepat Update Desa/Kelurahan Pada Dapodik 2023.d


Sahabat sdnsobang1.com – Solusi Cepat Update Desa/ Kelurahan Pada Dapodik 2023.d. Aplikasi Dapodik terbaru telah rilis yaitu Versi 2023.d untuk digunakan pada Tahun Ajaran 2022/2023 semester Genap. Aplikasi Dapodik versi 2023.d ini berupa Installer dan tersediakan juga Patch. Untuk lebih jelasnya silakan kunjungi situs Dapodik.

 


Pada Aplikasi Dapodik versi 2023.d terdapat perbaikan dan perubahan diantaranya perubahan wilayah hingga pemilihan desa/kelurahan pada formulir peserta didik. Maka dari itu kita diharapkan untuk update data Desa/Kelurahan pada Aplikasi Dapodik dengan pemilihan yang baru, update data ini juga akan mempengaruhi status residu pada Verval PD.

 

Admin punya cara cepat untuk update data Desa/Kelurahan pada Aplikasi Dapodik, kita hanya perlu secangkir kopi saja kemudian tekan tombol dan selesai. Langsung saja dibawah ini adalah caranya

 

Pertama silakan Download file pendukungnya yaitu dapo.php, lalu copykan filenya ke "C:\Program Files (x86)\Dapodik\dataweb\apps\web".

 

1.    Kemudian buka web browser dan tuliskan laman localhost:5774/dapo.php, ketika sudah terbuka silakan masukan NPSN dan pilih menu Update Desa/Kelurahan kemudian tekan tombol proses. Setelah proses selesai dan sebelum melakukan proses selanjutnya, pastikan kita sudah melakukan Login terlebih dahulu aplikasi dapodik pada web browser yang sama.

 

2.    Kemudian silakan pilih Opsi Update String Desa/ Kelurahan, disini kita pilih string yang akan disimpan pada database. Jika memilih opsi Dengan Tulisan Desa/ Kelurahan maka data Desa/ Kelurahan akan tersimpan seperti contoh: Desa/Kel. Baranangsiang, jika memilih opsi Tanpa Tulisan Desa/ Kelurahan maka data akan tersimpan: Baranangsiang.

 

Selanjutnya klik pada tombol Update All dan tunggu hingga proses selesai.

 

3.    Jika terdapat status siswa yang gagal update, bisa dikarenakan data awal antara Desa/Kelurahan berbeda/ tidak sinkron dengan data Kecamatan Atau bisa karena data awal Desa/Kelurahan tidak valid dalam penulisannya. Jika demikian silakan update melalui Aplikasi Dapodik.

 

4.    Selesai sudah Update Data Desa/ Kelurahan, proses update data selesai.

 

Bagi sahabat yang membutuhkan aplikasi serta tutorialnya, silahkan download melalui tautan link dibawah ini:

 

Demikian informasi kali ini terkait Solusi Cepat Update Desa/ Kelurahan Pada Dapodik 2023.d. selamat mencoba, semga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

(sumber: https://opekotabotim.blogspot.com/2023/01/update-data-kelurahan.html

 

Posting Komentar untuk "Solusi Cepat Update Desa/Kelurahan Pada Dapodik 2023.d"