Solusi Mengatasi Tidak Terdaftar Dalam Database Eks THK-II BKN pada SSCASN PPPK 2021 - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Solusi Mengatasi Tidak Terdaftar Dalam Database Eks THK-II BKN pada SSCASN PPPK 2021

 

Sahabat sdnsobang1.com – Pendaftaran CPNS PPPK Guru dan Non Guru pada laman sscasnbkngoid sudah dimulai sejak tanggal 30 Juni 2021. Sebelumnya admin telah berbagi artikel terkait Solusi Mengatasi Tidak Terdaftar di Dapodik pada SSCASN PPPK 2021. Kali ini admin update artikel terkait Solusi Mengatasi Tidak Terdaftar Dalam Database Eks THK-II BKN pada SSCASN PPPK 2021.

 


Dalam pendaftaran PPPK Guru 2021 daftar peserta yang berhak untuk mendaftar pada seleksi PPPK Guru Tahun 2021 adalah guru Honorer THK-II sesuai database THK-II di BKN, Guru Honorer yang masih aktif mengajar di sekolah negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud, Guru yang masih aktif mengajar di sekolah swasta dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di Database Lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemendikbud. Dalam pendaftaran pppk 2021 ini itulah syarat pendaftaran p3k 2021 termasuk untuk menjawab apakah fresh graduate bisa daftar pppk 2021.


BACA JUGA: Cara Verval Ijazah yang Baik dan Benar

 

Namun ketika kita akan mendaftar PPPK Guru atau mendaftar formasi pppk guru kita gagal karena data kita tidak terdaftar di dapodik dengan pesan galat Anda tidak terdaftar dalam basis data dapodik. Anda hanya bisa mendaftar PPPK Guru bila anda merupakan eks tenaga honorer kategori 2 K-II Padahal Terdaftar di Dapodik.

 

Memang formasi PPPK Guru Hanya Untuk yang Terdaftar di Dapodik, tapi mengapa kita untuk formasi pppk guru belum bisa daftar padahal syarat pppk guru 2021 sudah terpenuhi. Seperti yang kita ketahui dalam pendaftaran pppk guru 2021 fresh graduate tidak bisa daftar cpns namun fresh graduate bisa daftar pppk. Itulah perbedaan cpns dan pppk. Pada video ini saya sajikan Penyebab Anda tidak Terdaftar Dalam Basis Data Dapodik dalam Pendaftaran PPPK Guru dan Solusi Galat! Anda tidak Terdaftar Dalam Basis Data Dapodik dalam Pendaftaran PPPK Guru.

 

Lalu bagaimana Solusi Mengatasi Tidak Terdaftar Dalam Database Eks THK-II BKN pada SSCASN PPPK 2021?

Sebelum sahabat membuka https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id/, siapkan terlebih dahulu berkas yang perlu diupload/diunggah seperti dibawah ini:

1.    Nama Sahabat

2.    Nomor Induk Kependudukan (NIK)

3.    Nomor Kartu Keluarga (KK)

4.    Tempat lahir

5.    Tanggal Lahir

6.    File scan KTP (Kartu Tanda Penduduk) ukuran file max 200kb (file PDF/Image jpg)

7.    File Scan Ijazah (ukuran file max 200 kb, file PDF/Image jpg)

 

 

Berikut dibawah ini Solusi Mengatasi Tidak Terdaftar Dalam Database Eks THK-II BKN pada SSCASN PPPK 2021:

  • Kunjungi laman https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id/home
  • Klik pada kartu Pengecekan Data, Bantuan Pengecekan Eks-THK II bagi pelamar PPPK Eks-THK II, tulisan yang berwarna biru
  • Inputkan dan upload berkas pada form yang kosong sesuai permintaan
  • Inputkan kode CAPTCHA
  • Klik SUBMIT

 





Setelah semua proses beres dan tidak ada kesalahan dalam upload/unggah dokumen terkait ukuran dan/atau format, maka sahabat akan menerima kode Token seperti gambar berikut dibawah ini: 


 

Solusi Mengatasi Tidak Terdaftar Dalam Database Eks THK-II BKN pada SSCASN PPPK 2021


Kemudian setelah sahabat menerima kode TOKEN, sahabat ikuti langkah untuk cek kode Token seperti dibawah ini:

  • Kunjungi/klik laman https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id/cek_status_tiket
  • Inputkan/masukan kode Token yang sudah diterima
  • Klik Cek status Aduan

Nanti akan muncul status aduan sahabat mengenai Solusi Mengatasi Tidak Terdaftar Dalam Database Eks THK-II BKN pada SSCASN PPPK 2021, apakah sudah ditindaklanjuti atau masih menunggu (belum dijawab) seperti gambar dibawah ini:

 



Untuk lebih jelasnya silahkan sahabat tonton video tutorial Solusi Mengatasi Tidak Terdaftar di Dapodik pada SSCASN pada link berikut:


 

Demikian artikel kali ini terkait Solusi Mengatasi Tidak Terdaftar Dalam Database Eks THK-II BKN pada SSCASN PPPK 2021, semoga ada manfaatnya dan terima kasih sudah berkunjung. 

 

31 komentar untuk "Solusi Mengatasi Tidak Terdaftar Dalam Database Eks THK-II BKN pada SSCASN PPPK 2021"

  1. Eks THK2 saya belum bisa masuk di sscn ..dan sudah membuat aduan ..tapi tiket aduan saya blm di jawab sampai sekarang ..mohon solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon ditunggu danbersabar pa..
      cek aja secara berkala tiket aduannya.. semoga lekal dibals sama admin sscasn

      Hapus
  2. Tanggal Lahir saya beda dengan Tanggal lahir yang tertera di Kartu Peserta Eks.K2
    Harusnya Tanggal 16, Tapi di Kartu Tes Tanggal 19.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tanggal lahir bukannya yg penting disesuaikan dengan KTP agar bisa membuat akun terlebih dahulu..

      Hapus
  3. Saya sdah mendaftar pppk guru dan sudah punya kartu pendaftaran tapi lupa masukkan THK2 sy, ketika mendaftar bagaimn solusinya ?

    BalasHapus
  4. Sy sudah mendaftar pppk guru dan sudah punya kartu pendaftaran tapi lupa masukkan THK2 sy, ketika mendaftar bagaimana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah cetak Resume? jika sudah cetak maka tidak bisa diulang. Jika blm Resume, silahkan kembali edit pada menu Pemilihan JENIS SELEKSI.

      Hapus
    2. Jenis seleksi dilihat dimana
      Biodata?

      Hapus
  5. Saya mau tanya, nama yang saya masukkan pada pendaftaran akun yaitu sesuai KTP (nama + gelar) sehingga saat memasukkan nomor peserta eks THK II, itu diinfokan nama tidak sesuai. Lalu saya mengisi bagian di helpdesk dan beberapa saat kemudian setelah saya cek akun pendaftaran kembali, saya dialihkan untuk mengisi data diatas. Mohon tanya, untuk nama lengkap nya ditulis sesuai KTP dengan gelar atau tidak menggunakan gelar ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. isikan sesuai perintah dari sscasn

      Hapus
    2. Saya juga seperti itu pak masalahnya, tapi ketika saya submit helpdesk tersebut, tidak bisa terkirim. Karena nama tidak sesuai. Bagaimana ya pak solusinya?

      Hapus
    3. isikan nama sesuai perintah, masalahnya nama pada ijazah dan KTP suka ada yg beda. jika pake gelar maka gunakan gelar. intinya isikan sesuai perintah SSCASN agar tdk ada kesalahan sekecil apapun. lebih teliti lagi sebelum menginput dan mengupload. baca baca lagi perintahnya

      Hapus
  6. untuk mengetahui apakah nomor peserta Eks THK II ada dalam data base bkn bagaimana Ka?

    notifikasi apa yg muncul kalau kita sudah menginputkan nomor peserta eks thk II pada saat pendaftaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. input no eks THK II pada form yang diminta, 12 digit, kemudian klik cek, jika diakui maka no test tsb akan terkunci

      Hapus
    2. Alhamdulillah Ka nomor eks THK II saya sudah terkunci

      Hapus
    3. Alhamdulillah.. lanjutkan pa

      Hapus
    4. kalo untuk cek no THK-II bagaimana ya, karena data pendidik sudah masuk di data dapodik namun itu sudah lama sekali ketika cek formasi PPPK ternyata, muncul "Data pendidikan anda tidak terdapat di dapodik, silakan perbaharui data anda di aplikasi validasi kualifikasi pendidikan Kemendikbudristek pada . Proses Verifikasi dan Validasi Pendidikan membutuhkan waktu paling lambat 3 x 24 jam. Silakan login di akun SSCASN anda secara berkala." nah disitu sudah dicek berulang-ulang selama 1 minggu tetap tidak muncul di data dapodik

      Hapus
    5. ini solusinya: https://www.sdnsobang1.com/2021/07/solusi-data-anda-tidak-ditemukan-di.html

      Hapus
  7. Kl yg untuk orang yg belum ikut k2,bisa dak kita masukkan data supaya terdaftar di k2 skrg

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa. Eks THK II krtiteria salah satunya sudah mengabdi ngehonor dari tahun 2004 ke belakang. sudah pernah ikut tes CPNS Kategori 2 tahun 2013, dan yang terbaru kemarin tahun 2019.

      Hapus
  8. Saya tidak bisa memasukan nomor eks thk-2 kenapa yach.mohon bantuannya boss

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang lulus PG dianggap sudah PPPK jd tidak diakui BKN pa

      Hapus
  9. Saya sudah lulus passing grade tahun 2019. Ketika daftar masukan no. Thk2 nya ga bisa galat terus gmn atuh pa??
    Dan sampai sekarang yg PG blm ada keputusan yg reel. utk kabupaten pandeglang banten. Apakah langsung pemberkasan atau SK. Sedangkan dalam pendaftaran tetep ga bisa masuk galat aza
    Gmna tuh solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lulus PG artinya dan suharusnya sudah jadi PPPK Tahun tersebut, makanya ketika kita input nomor THK-II tidak diakui BKN.

      Hapus
  10. Mohon Maaf nama Anda tidak sesuai dengan data eks Tenaga Honorer K2 dengan nomor 731112013307 (0.7567054655870445). Silakan melakukan perbaikan data THK2 pada fitur helpdesk ................Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. inputkan tanpa tanda (titik/stip) hanya nomor saja.
      jika bapa Eks THK-II lulus PG tahun 2019, maka tidak akan bisa menginputkan No Eks THK-II tsb. kecuali bapa tahun 2019 tes PPPK THK-II tidak lulus PG.

      Hapus
  11. Bagaimana jika formasi jabatan tidak muncul untuk eks K2...Yang muncul hanya instansi , formasi (umum)...tapi sekolah tujuannya tidak ada yang muncul

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua memang UMUM pa/bu..
      Eks THK-II lulus PG tidak akan bisa menginputkan nomor. karena sudah dianggap lulus PPPK 2019. sekolah tujuan tidak muncul mungkin server,

      Hapus
    2. apakah bisa diubah eks k2 yang sudah terkunci ke bukan k2.?ada pilhan Ya saya mau ubah ke Tidak tapi sdh tdk bisa

      Hapus
  12. assalamualaikum kemarin salah input data, apakah anda THK II saya pilih Ya dan memasukkan nomor THK apakah bisa diulang ke pilhan kata Tidak.?karna saya bingung waktu server bermasalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika bukan eks THK 2 seharusnya tidak terkunci, mungkin server.
      coba aja pa.. jika msh tidak bisa nanti di masa sanggah

      Hapus